bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Unit Pembasmi Api Telat Datang, Rumah Janda di Madiun Hangus Terbakar, Perhiasan Emas dan Surat Penting Raib

M. Haikal - Nasional -> Peristiwa
Selasa, 20 Agustus 2024 18:00
    Bagikan  
Rumah Terbakar
Foto: Heloindonesia

Rumah Terbakar - Api membakar sebuah rumah di Desa Sidorejo, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Selasa (20/8/2024).

HELOINDONESIA.COM - Menyusul peristiwa pagi sebelumnya yang melanda sebuah toko bangunan di Jl. Ciliwung, Kota Madiun, kini insiden serupa kembali membakar sebuah rumah di Desa Sidorejo, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Selasa (20/8/2024).

Bencana kebakaran tersebut memusnahkan rumah milik Purwati (63), seorang janda yang kesehariannya menyambung hidup dengan berjualan makanan dan minuman ringan. 

Saat kejadian, Purwati sedang melayani beberapa pembeli di warungnya.

Kebakaran itu diduga dipicu terjadinya korsleting listrik pada stop kontak di ruang tengah rumah korban, yang lupa dimatikan saat dia melayani pembeli. 

Baca juga: Rapat Kerja Komisi III DPR RI dengan Kejaksaan Agung Terkait Laporan Keuangan dan Hasil Pemeriksaan BPK Tahun 2023

Seorang pria warga Kecamatan Saradan, Haryadi, kepada jurnalis mengatakan, seorang saksi mata warga setempat, Bakri (70), adalah yang pertama kali mendapati kebakaran itu. 

Bakri melihat adanya kepulan asap yang mengepul dari celah genting sisi tengah rumah tersebut. 

Mengetahui kejadian itu, Bakri gopoh gadah berteriak-teriak meminta tolong kepada masyarakat disekitarnya. 

Ketua RT setempat Joko Legowo dan warga lainnya, Rivo Prima, yang mengetahui langsung merespon dan menggalang warga untuk melakukan upaya pemadaman darurat.

Baca juga: Pertunjukan Interaktif dari Sagiwon Teater dan Stand Up Indo Bojonegoro, Penonton Disuruh Pakai Seragam SMA

"Iya ini ada kebakaran rumah. Rumahnya janda. Namanya Ibu Purwati. Infonya tadi ditinggal Bu Purwati melayani pembeli di warungnya. Dia kan jualan es di depan SDN Sugihwaras 5 Saradan," sebut Haryadi. 

Upaya pemadaman yang dilakukan warga secara bergotong royong, menggunakan bermacam peralatan dapur itu tidak membuahkan hasil. 

Api tak menggubris, terus melahap rumah yang dominan terbuat dari bahan kayu tersebut.

Sejumlah harta benda yang berada di dalam rumah turut lenyap di antaranya, sebuah kandang ternak, barang-barang elektronik, perhiasan emas, surat-surat penting dan perabotan lainnya. 

Baca juga: Jadwal BRI Liga 1 2024 - 2025 Pekan ketiga : Ada Persib Bandung vs Arema FC hingga Borneo FC Samarinda vs Bali United

Beruntung, dalam kondisi kritis api yang terus melahap dan warga mulai kewalahan menghadapi amukan sang jago merah, datanglah berturut-turut 4 unit Damkar. 

Unit Pembasmi api itu, masing-masing 3 unit Damkar Pemkab Madiun dan 1 unit Damkar Gupusmu tiba di lokasi kejadian.

Pasukan pemusnah jago merah itu langsung beraksi secara teknis, dengan terlebih dahulu membasahi sisi-sisi yang masih aman. 

Kemudian menyentuh bagian inti kobaran api, hingga jago merah benar-benar lumpuh dan padam.

Baca juga: Mendagri Tekankan Sinergi 7 Elemen Pendukung Keberhasilan Pilkada

"Iya benar ada kebakaran rumah di Saradan. Ditangani rekan-rekan Damkar. Dan alhamdulilah saat ini api sudah berhasil dipadamkan," kata Wahyu Tamtomo, personel Tagana setempat.

Dalam peristiwa kebakaran itu tidak tercatat adanya korban jiwa atau terluka. Pemilik rumah diperkirakan menderita kerugian antara puluhan hingga ratusan juta rupiah.  

Polisi melakukan pemeriksaan di lokasi kejadian. Dugaan sementara oleh polisi disebutkan akibat korsleting listrik. 

Kebakaran rumah janda di Madiun itu masih dalam penyelidikan aparat kepolisian setempat. 

Baca juga: Cukup 7,5 Persen Suara Pileg, Partai Bisa Ajukan Cakada Pilkada 2024

Pemilik rumah dan saksi mata dimintai keterangan guna memastikan penyebab terjadinya kebakaran.