bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Kota Semarang Miliki Ikon Baru, Brillian Park di Kawasan Segi Tiga Emas

2 jam 47 menit lalu
    Bagikan  
Kota Semarang Miliki Ikon Baru, Brillian Park di Kawasan Segi Tiga Emas

TAMAN: Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu saat meresmikan taman Brilliant Park di Kawasan Segi Tiga Emas Kota Semarang. Foto: Dok

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM -Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu meresmikan taman Brilliant Park yang berada di kawasan segi tiga emas tepatnya di Jalan Pandanaran Semarang, Sabtu malam (17/8). Taman Brilliant Park ini merupakan bentuk kolaborasi Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang dengan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk melalui program CSR (Corporate Sosial Responsibility) senilai Rp 1,4 miliar.

Dengan hadirnya Taman Brilliant Park ini diharapkan menjadi ikon baru di ibu kota Jawa Tengah, dengan simbol monumen berbentuk berlian di tengah taman. Tak hanya itu Taman Brilliant Park ini juga dihiasi dengan air mancur menari.

"Ini sudah terealisasi taman Brilliant Park, tentunya ini menjadi salah satu tambahan ikon Kota Semarang berkat support CSR BRI," ujar perempuan yang akrab disapa Mbak Ita usai peresmian Taman Brilliant Park.

Pembangunan taman ini, lanjut Mbak Ita, merupakan bentuk kolaborasi Pemkot Semarang dengan stakeholder. "(Kalau) pemerintah sendiri tidak mampu membangun Ruang Terbuka Hijau (RTH) dengan anggaran yang cukup besar. Karena banyak Ruang Terbuka Hijau yang diperlukan di Kota Semarang," kata dia.

Jalur Utama

"Alhamdulillah dengan bantuan atau support dari BRI di jalur utama atau segi tiga emas ini bisa menjadi salah satu ikon Kota Semarang," papar dia.

Selanjutnya, kata Mbak Ita, pekerjaan yang harus dilakukan pemerintah yaitu perawatan. Terlebih, fasum Taman Brilliant Park ini sudah diserahkan ke Pemerintah Kota sehingga perawatan akan masuk di bagian pemkot melalui Disperkim Kota Semarang.

"Dibangun bagus, perawatan dari Pemkot harus baik. Saya sudah minta tambahan. Bawahnya sudah bagus, atasnya seperti ini. Ini kan tinggalan Distaru pembangunan gedung DKK," jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Mbak Ita juga berharap kepada BRI untuk menyalurkan dana CSR  untuk pembangunan RTH lain, seperti Taman Srigunting di Kota Lama Semarang. Taman ini menjadi ikon di Kota Lama yang tentu menarik wisatawan.

Taman Lain

"Saya juga minta lagi mungkin di Taman Srigunting Kota Lama Semarang. Apalagi kalau di sini (Taman Brilliant Park) kan taman pasif, jadi kalau wisatawan mau foto atau ambil gambar di sini kan kesulitan. Sehingga kami ajukan untuk bisa membangun lagi taman-taman yang lain," jelasnya.

Yang urgen, lanjut dia, pembangunan taman Srigunting, karena taman itu merupakan satu bagian dari Kawasan Kota Lama yang akan menarik banyak wisatawan untuk berfoto dan berkegiatan. "Sekali lagi matur nuwun atas support BRI kepada kami Pemerintah Kota Semarang," sebut Mbak Ita.

Sementara itu, Branch Office Head BRI Pandanaran, Tomi Irawan mengatakan, PT. Bank Rakyat Indonesia Tbk berkomitmen untuk mendukung program Pemerintah Kota Semarang dengan konsep go green. 

"Kami berkomitmen bersinergi dengan Pemerintah Kota Semarang. Apalagi BRI adalah perusahaan yang sangat mendukung go green atau pelestarian lingkungan. Kebetulan Ibu Wali Kota mengajak kami untuk bersinergi dan berkolaborasi," ujar Tomi.

Menurut Tomi, pihaknya sangat mendukung program Pemerintah Kota, terutama untuk memperindah Kota Semarang. Perihal CSR lain untuk pembangunan RTH taman lainnya, Tomi mengaku akan melaporkan dan mengajukan ke pimpinan di wilayah. (ADE)