bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Serunya Lomba Agustusan di Desa Margomulyo Kendal, Bapak-bapak Gendong Istri

3 jam 15 menit lalu
    Bagikan  
Serunya Lomba Agustusan di Desa Margomulyo Kendal, Bapak-bapak Gendong Istri

Bapak-bapak menggendong istri saat lomba Agustusan di Desa Margomulyo, Pegandon, Kendal. Foto: Anik

KENDAL, HELOINDONESIA.COM - Sudah menjadi tradisi setiap peringatan HUT kemerdekaan RI pada 17 Agustus, di sejumlah daerah bahkan hingga tingkat rukun tetangga (RT) warga kompak menggelar berbagai kegiatan diantaranya lomba-lomba.

Tak jarang lomba-lomba yang digelar terkesan unik dan lucu. Seperti halnya yang digelar di RT 4 RW 03 Desa Margomulyo, Kecamatan Pegandon yang menggelar lomba bapak-bapak yang tentu saja suami, menggendong istrinya masing-masing, Minggu 18 Agustus 2024.

Baca juga: Festival Jamu dan Kuliner Dipadati Pengunjung, GP Jamu Jateng Apresiasi Pemprov

Lomba tersebut tentu saja membuat warga sekitar tertawa dan antusias untuk menonton, bahkan ikut menyemangati. Berbagai hal lucu pun terlihat saat perombaan. Bahkan ada apak-bapak yang terjatuh karena tidak kuat menggendong istrinya yang lebih gemuk.

Ketua RT 04 RW 03, Ahmadi mengatakan, lomba menggendong istri dinilai dengan skor waktu tercepat. Ia menyebut, lomba-lomba unik dan lucu ini diselenggarakan dalam rangka mempererat tari silaturahmi antar warganya.

"Lomba ini lucu, tadi ada yang menggendong istrinya hampir tidak kuat karena istrinya lebih gemuk daripada suaminya. Bahkan ada yang sampai terjatuh dan pingsan, karena semangatnya terlalu tinggi tidak merasakan capek ketika akan minta gendong suaminya terjatuh dan pingsan," ujarnya.

Pertama Kali

Ahmadi menyebut, selain jalan sehat juga ada beberapa perlombaan dengan berbagai macam hadiah yang disediakan panitia. Ia menyatakan HUT RI ini baru pertama kali diperingati dengan sejumlah kegiatan yang meriah setelah lebih dari lima puluh tahun.

Baca juga: Jateng Fun Run 2024, Peserta Ajak Keluarga Susuri Rute Persawahan

"Ini pertama kali di peringati warga RT 4 RW 3 karena sebelumnya tidak pernah. Sebab sebelumnya jalannya masih jelek batu dan becek sehingga sulit untuk dilalui," terang Ahmadi.

Sebelum diadakan lomba terlebih dahulu diadakan jalan sehat dan diiringi dengan drumband oleh siswa SDN 1 Tegorejo Pegandon.

Sementara Ketua Panitia lomba tujuh belasan Zaenal Arifin berharap kegiatan ini bisa terus digelar setiap tahun dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI. Sehingga dapat memupuk semangat dan kebersamaan, serta mewujujudkan jiwa nasionalis untuk menuju Indonesia maju.

"Karena ini peringatan setahun sekali kalau bisa dilakukan dengan meriah. Sehingga masyarakat merasakan kegembiraan atas kemerdekaan indonesia," harapnya.(Anik)