bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Tiga Tiyuh Bersatu Kibarkan Semangat Kemerdekaan HUT Ke-79 RI

Nabila Putri - Nasional -> Peristiwa
2 jam 6 menit lalu
    Bagikan  
Tiga Tiyuh Bersatu Kibarkan Semangat Kemerdekaan HUT Ke-79 RI

SMP Karya Bhakti saat menaikan Bendera Merah Putih (Foto Rohman/Helo Indonesia Lampung)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - Tiga Tiyuh (Desa) di Kecamatan Tulangbawang Tengah (TBT), Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung, bersatu menggelar upacara bersama pada peringatan Hari Kemerdekaan ke 79 Republik Indonesia (RI) dengan penuh khidmat. Di lapangan Tiyuh Panaragan, dan dipelopori oleh SMP Karya Bhakti Panaragan.

Berdasarkan pantauan media Helo Indonesia Lampung, Sabtu 17 Agustus 2024, ketiga tiyuh tersebut yakni, Tiyuh Panaragan, Bandar Dewa, dan Menggala Mas.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Kepala Tiyuh Panaragan, Edison, sementara Komandan Upacara adalah Serda Iwan Sani dari kesatuan TNI AD Koramil Tulang Bawang Tengah.

Baca juga: Persepsi Abas Ketua K3PP Tubaba menyesatkan Publik dan Menista

Upacara ini diikuti oleh siswa-siswi dari SDN 1, 2 dan 3 Tulang Bawang Tengah, seluruh pelajar SMP Karya Bhakti, BPT, Tokoh Masyarakat serta aparatur dari tiga pemerintahan tiyuh setempat dan ratusan masyarakat.

"SMP Karya Bhakti Panaragan, setiap tahun memang mengadakan upacara Hut RI di halaman sekolah diikuti siswa-siswi SD yang ada di tiga tiyuh, karena antusias masyarakat yang hadir maka kita gagas upacara besar di Lapangan Panaragan" kata Dedi Priyono selaku Ketua Yayasan.

Dia menjelaskan, setelah 18 tahun lebih, lapangan Panaragan tidak dipergunakan untuk HUT RI, maka digagas bersama Dewan Guru, kepala tiyuh Panaragan, Bandar Dewa dan Menggala Mas melakukan upacara bersama untuk memperkuat persatuan dan kebersamaan masyarakat.

Sementara itu Edison Kepala Tiyuh Panaragan, mengatakan gagasan upacara HUT RI bersama akan terus diperkuat kedepan.

Baca juga: Rayakan HUT RI Ke-79 Desa Agung Batin Gelar Lomba Tingkat RK.

"Sesuai gagasan SMP Karya Bhakti Panaragan dan disambut baik oleh pemerintah tiyuh Panaragan, Bandar Dewa dan Menggala Mas, insyaallah upacara HUT RI tahun 2025, tuan rumahnya Tiyuh Bandar Dewa atau Menggala Mas, sehingga nanti bergantian" kata Edison kepala tiyuh Panaragan.

Sementara itu, tokoh adat masyarakat dari Lembaga Masyarakat Adat, Bursyah, SE mendukung penuh pelaksana Upacara bersama dengan masyarakat, serta menampilkan pertunjukan dari siswa-siswi sekolah dari tiga Tiyuh tersebut.

"Kita tanamkan semangat kemerdekaan Indonesia dari generasi ke generasi, serta rasa persatuan dan kekeluargaan. Momentum HUT RI ke 79 dan seterusnya harus dipertahankan," kata Bursyah.

Setelah upacara, acara dilanjutkan dengan pemberian penghargaan dan cinderamata kepada dua orang pensiunan, yaitu Zaini Sabak, S.Pd dari dari Kepala Sekolah Yayasan SMP Karya Bhakti Panaragan dan Hj. Anita, S.Pd dari SDN 3 Tulang Bawang Tengah.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala SDN 1 Yoden Zen, S.Pd, SDN 2 Reka Yanti, S.Pd, SDN 3 Yenitasari,S.Pd, Kepala SMP Karya Bhakti Panaragan Ananda Ruri Vianora, S.Pd, Pembina Pengawas Gugus Tujuh Heri metiasih, S.Pd., MM dan seluruh dewan guru sekolah. (Rohman).