Helo Indonesia

Penerbangan Jemaah Haji Gelombang I Dimulai, Kemenhub Siapkan Layanan Ramah Lansia

Winoto Anung - Nasional -> Peristiwa
Rabu, 24 Mei 2023 13:46
    Bagikan  
Menhub Budi Karya Sumadi
Kemenhub

Menhub Budi Karya Sumadi - Menhub Budi Karya Sumadi saat melepas jemaah haji kloter I di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang, Rabu 24 Mei 2023. (Foto: Kemenhub_

HELOINDONESIA.COM - Pemberangkatan penerbangan jamaah haji gelombang dimulai hari ini Rabu 24 Mei 2023, dari embarkasi Jakarta-Bekasi.

Pihak Kementerian Perhubungan memastikan kesiapan pesawat, fasilitas sarana prasarana bandara, hingga personil yang bertugas dapat memberikan keamanan, keselamatan, dan pelayanan maksimal bagi para Jemaah.

Menurut Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kemenhub selalu berkoordinasi dengan Kementerian Agama (Kemenag) untuk kelancaran keberangkatan Jemaah haji Indonesia. Termasuk di dalamnya, Kemenhub menyiapkan layanan ramah lansia.

"Bagi para jemaah haji lansia, kami menyiapkan layanan ramah lansia, sehingga para lansia lebih mudah mengakses fasilitas yang ada di bandara, dalam hal ini kami juga berkoordinasi dengan Kementerian Agama" kata Menhub Budi Karya di Bandara Soekarno Hatta, Rabu 24 Mei, di sela peninjauan pemberangkatan penerbangan Jemaah haji Indonesia kloter I.

Baca juga: Klaim Menjadi Parpol Paling Disukai, Partai Demokrat Diketawain Soal Elektabilitasnya: Survei di Hambalang

Pada kesempatan itu, Menhub Budi Karya, menyapa memberi semangat kepada para jamaah embarkasi Jakarta-Bekasi yang dijadwalkan berangkat pada pukul 08.15 WIB.  Dia juga memastikan layanan penerbangan Haji Tahun 2023 berjalan dengan selamat, aman, nyaman dan lancar.

"Ibadah haji adalah panggilan Allah SWT, karena tidak semua orang bisa menunaikan ibadah ini. Kepada para jamaah yang berangkat, tetap semangat menjalankan ibadah dan semoga sehat selalu," ungkap Menhub Budi Karya.

Menhub mengatakan, terkait pelaksanaan Kegiatan Angkutan Udara Haji Tahun 1444H/2023M, ada 13 Bandara Embarkasi Haji yang telah dipersiapkan untuk angkutan Haji, termasuk Bandara Kertajati yang pada tahun ini perdana melayani embarkasi dan debarkasi Haji.

Ada pun 13 Bandara tersebut adalah, 1) Bandara Sultan Iskandar Muda (BTJ/Banda Aceh), 2) Bandara Kualanamu (KNO/Medan), 3) Bandara Minangkabau (PDG/Padang), 4) Bandara Hang Nadim (BTH/Batam), 5) Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (PLM/Palembang), 6) Bandara Soekarno Hatta (CKG/Cengkareng).

Baca juga: Lepas Jemaah Haji Indonesia, Menag: Jangan Bawa Atribut Partai, Jimat dan Bijak Bermedia Sosial

Lantas, 7) Bandara Adi Sumarmo (SOC/Solo), 8) Bandara Juanda (SUB/Surabaya), 9) Bandara Syamsudin Noor (BDJ/Banjarmasin), 10) Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan (BPN/Balikpapan), 11) Bandara Sultan Hasanuddin (UPG/Makassar), 12) Bandara Lombok (LOP/Praya), dan 13) Bandara Kertajati (KJT/Majalengka)

Selain itu, disiapkan pula enam bandara embarkasi haji antara, yaitu sebagai berikut: 1) Bandara Sultan Thaha Saifuddin (Jambi), 2) Bandara Sultan Syarif Kasim II (Pekanbaru), 3) Bandara Fatmawati Soekarno (Bengkulu), 4) Bandara Depati Amir (Bangka Belitung), 5) Bandara Radin Inten II (Lampung), dan 6) Bandara Djalaluddin (Gorontalo).  (*)

(Winoto Anung)