bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Jelang Pilkada 2024, Polda Metro Jaya Gelar Apel Operasi Mantap Praja

Aris Mohpian Pumuka - Nasional -> Peristiwa
Selasa, 13 Agustus 2024 14:44
    Bagikan  
Operasi Mantap Praja 2024
Ist

Operasi Mantap Praja 2024 - Polda Metro Jaya menggelar apel Operasi Mantap Praja 2024.

BOGOR, HELOINDONESIA.COM - Jelang Pilkada 2024 kepolisian menggelar Operasi Mantap Praja.  Dalam apel akbar tersebut, Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto memimpin apel gelar operasi tersebut.

Apel digelar di lapangan Satlat Korbrimob Polri, Cikeas, Bogor, Jawa Barat, pada Selasa (13/8/2024).

Turut hadir di lokasi Pangdam Jaya Mayjen TNI Mohamad Hasan mendampingi Kapolda memimpin apel serta Jajaran Pejabat Utama Polda Metro. Di lokasi juga sudah hadir ribuan anggota pasukan mengikuti rangkaian apel gelar pasukan.

Apel diawali dengan melakukan pengecekan kesiapan personel dengan menggunakan kendaraan taktis (rantis). Irjen Karyoto bersama Mayjen TNI Mohamad Hasan berkeliling lapangan mengecek pasukan dan kendaraan yang akan digunakan dalam Operasi Mantap Praja.

Baca juga: Sempat pingsan Saat Konser di The Sound Project 2024, Kondisi Tria The changcuters sudah membaik

"Kegiatan ini dilaksanakan sebagai pengecekan akhir persiapan personil, maupun sarana dan prasarana Operasi Mantap Praja tahun 2024 sehingga Pemilukada 2024 diharapkan dapat terselenggara dengan aman dan lancar," kata Kapolda Karyoto kepada wartawan. 

Dia katakan, Operasi Mantap Praja 2024 yang dilaksanakan selama 140 Hari sejak tanggal 14 Agustus sampai dengan 31 Desember 2024 dengan melibatkan sejumlah 88.365 personel gabungan yang mana terdiri dari 6.991 personil TNI, 17.448 Personel Polri serta didukung oleh 63.926 personil Linmas tersebar ke dalam 31.963 TPS yang ada di wilayah hukum Polda Metro Jaya. 

Hal ini dilaksanakan guna mengamankan seluruh tahapan Pemilukada dengan tujuan terciptanya keamanan kelancaran ketertiban serta tahapan Pemilukada serentak 2024 akan melaksanakan pola-pola pengamanan mulai dari cipta kondisi yang dilaksanakan sebelum pada saat dan pasca pelaksanaan tahapan Pemilukada serentak.

Pemilukada dapat dilakukan secara profesional serta transparan sehingga mendapatkan legitimasi positif dari masyarakat pada kesempatan yang penuh semangat dan kebersamaan ini terdapat penekanan untuk dipedomani serta dilaksanakan sebagai berikut :
1. Tingkatkan keimanan dan ketakwaan pada tuhan yang maha esa semoga tugas pengamanan ini menjadi ladang amal ibadah bagi kita semua
2. Pastikan kesiapan perlengkapan pribadi serta fasilitas penunjang lainnya sehingga dapat mendukung pelaksanaan operasi
3. laksanakan pengamanan dengan penuh rasa tanggung jawab humanis dan profesional sesuai dengan SOP dengan menerapkan buddy sistem guna menjamin keselamatan
4. Langsung ke lapangan untuk melakukan pengawasan melekat kepada anggotanya masing-masing
5. Lakukan pengaturan jadwal pengamanan sehingga kesehatan personil selalu dalam kondisi yang prima hal ini penting karena operasi yang kita laksanakan cukup panjang dan Pemilukada 2024 dilakukan secara serentak
6. Komunikasi publik dan upaya sistem agar masyarakat berpartisipasi penuh dalam mendukung penyelenggaraan Pemilukada 2024 dan terhindar dari polarisasi
7. Tingkatkan sinar kita dan solidaritas antara seluruh personil pengamanan maupun terkait karena hal tersebut adalah kunci utama keberhasilan operasi.

Baca juga: Empat Pelaku Tawuran Bersajam di Purbalingga Jadi Tersangka, Dua Masih Di Bawah Umur

“Saya ucapkan terima kasih dan selamat bertugas pada seluruh personil yang terlibat, mari bersama-sama kita amankan Pemilukada 2024 demi mewujudkan visi Indonesia emas 2045 yang kita kita cita-citakan” ujar Kapolda Metro Jaya.