bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Dosen dan Mahasiswa KKN Tim 2 Undip Kenalkan Gemini AI ke Guru SMPN 1 Ampel

Selasa, 13 Agustus 2024 10:53
    Bagikan  
Dosen dan Mahasiswa KKN Tim 2 Undip Kenalkan Gemini AI ke Guru SMPN 1 Ampel

Dosen dan Mahasiswa KKN Tim 2 Undip saat melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di SMPN 1 Ampel, Boyolali

BOYOLALI, HELOINDONESIA.COM - Guna meningkatkan kualitas pendidikan, dosen Departemen Informatika Universitas Diponegoro (Undip), Rismiyati, BEng MCs, bersama mahasiswa KKN Tim 2 Undip menggelar kegiatan pengabdian masyarakat di Kecamatan Ampel, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Kegiatan ini fokus pada pengenalan dan pemanfaatan kecerdasan buatan (AI) generatif, khususnya Gemini AI, untuk membantu dalam pembuatan modul ajar. guru-guru di SMPN 1 Ampel pada Sabtu 10 Agustus 2024.

Baca juga: Didatangi Mbak Tika dan Mas Benny, Kades di Kecamatan Kangkung Curhat Rindu Kepemimpinan Hendy Boedoro

Gemini AI, sebuah model bahasa besar yang canggih, mampu menghasilkan teks berkualitas tinggi dalam berbagai format, termasuk soal latihan, materi pembelajaran, dan bahkan simulasi eksperimen. Dengan memanfaatkan teknologi ini, para guru dapat dengan mudah membuat modul ajar yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing siswa.

Kegiatan yang dihadiri Kepala Sekolah SMPN 1 Ampel Boyolali Agus Listiyanto SPd menghadirkan narasumber Rismiyati.

Pemaparan materi disampaikan oleh Rismiyati dilanjutkan dengan sesi praktik yang dibimbing oleh mahasiswa KKN Tim 2 Undip 2024, yaitu Nafis Mufadhal (Informatika, FSM), Gracia Angel (Ilkom, FISIP), Ervina Melia Damayanti(Administrasi Publik, FISIP), dan beberapa mahasiswa KKN lain. Acara diakhiri dengan evaluasi dengan menggunakan platform Quiziz.

Lebih Terampil

Rismiyati berharap para guru di SMPN 1 Ampel dapat lebih terampil dalam memanfaatkan teknologi AI untuk mendukung proses pembelajaran, terutama dalam pembuatan modul ajar. Dengan begitu, kualitas pendidikan di sekolah tersebut dapat terus ditingkatkan.

"Kami berharap dengan adanya pelatihan ini, para guru dapat lebih mudah dan cepat dalam membuat modul ajar yang kreatif dan inovatif. Sehingga, proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan efektif," ujarnya.

Baca juga: Seribuan Mahasiswa Praja IPDN Turun ke Jateng, Bantu Genjot Pendapatan Daerah


Keberhasilan pelatihan ini menjadi tonggak penting dalam transformasi digital di SMPN 1 Ampel Boyolali.

Sementara Kepala Sekolah SMPN 1 Ampel Boyolali Agus Listiyanto mengatakan, dengan pelatihan ini dapat menjadikan guru-guru semakin terampil dalam mengembangkan modul ajar,terutama dengan memanfaatkan teknologi AI.

"Kami akan terus mendukung pengembangan kompetensi guru dalam pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran," pungkas Agus. (Aji)