bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Warga Kota Salatiga Antusias Sambut Bakti Sosial Hari Jadi ke-79 Jawa Tengah

Senin, 12 Agustus 2024 16:53
    Bagikan  
 Warga Kota Salatiga Antusias Sambut Bakti Sosial Hari Jadi ke-79 Jawa Tengah

WARGA: Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Jawa Tengah, Ema Rachmawati didampingi Pj Walikota Salatiga Yasip Khasani saat berinteraksi dengan warga Salatiga. Foto: Dok

SALATIGA, HELOINDONESIA.COM -Beragam kegiatan bakti sosial sebagai rangkaian peringatan Hari Jadi ke-79 Jawa Tengah, digelar di Kelurahan Kumpulrejo, Kota Salatiga, Senin (12/8/2024). Kegiatan yang diselenggarakan pemerintah provinsi, diramaikan dengan cek kesehatan gratis, pasar murah, imunisasi, hingga pemberian bantuan renovasi rumah tak layak huni (RTLH).

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Jawa Tengah, Ema Rachmawati menuturkan, seperti tahun sebelumnya, Hari Jadi Jawa Tengah selalu diperingati dengan berbagai rangkaian kegiatan, salah satunya adalah bakti sosial. “Sudah tradisi bahwa menjelang hari jadi Jawa Tengah kita banyak kegiatan, salah satunya bakti sosial,” ujarnya.

Bakti Sosial tahun ini digelar di dua tempat, yakni Kelurahan Kumpulrejo dan Blotongan, Kota Salatiga. Kegiatan tersebut dilakukan dengan layanan kesehatan gratis, imunisasi anak sekolah, bantuan sembako, cadangan pangan, subsidi belanja, serta bantuan renovasi RTLH.

“Untuk bantuan sembako dari Baznas ada 800 paket per kecamatan, cadangan pangan 10 ton beras dan mi mocaf, telur 1.000 kilogram di empat kecamatan, dan subsidi belanja senilai Rp130 ribu menjadi Rp 90 ribu dari Korpri,” paparnya.

Renovasi

Sedangkan untuk bantuan renovasi RTLH, lanjut Ema, dilakukan sebanyak 50 unit masing-masing senilai Rp20 juta, yang tersebar di seluruh Kota Salatiga. “Ada 50 unit bantuan RTLH kerja sama dengan Bank Jateng,” jelas Ema.

Ema menegaskan, Hari Jadi Jawa Tengah tahun ini mengusung tema Jawa Tengah Maju Gemilang. “Harapannya, Jawa Tengah semakin maju dan moncer. Mudah-mudahan semua kegiatan ini dapat memberikan kebahagiaan kepada mereka yang membutuhkan,” tuturnya.

Sementara, Listati, salah satu warga Kota Salatiga mengaku senang dengan adanya kegiatan bakti sosial dalam rangkaian Hari Jadi ke-79 Jawa Tengah. “Alhamdulillah senang, karena banyak kegiatan sosial. Dan hari ini dapat subsidi belanja murah. Satu paket berisi beras, minyak goreng, telur, dan lainnya, hanya Rp90 ribu. Kalau biasanya lebih dari Rp130 ribu,” katanya.

Listati berharap, kegiatan tersebut dapat terus dilakukan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. “Semoga ini bisa diteruskan, karena sangat membantu warga terutama yang membutuhkan,” tandasnya.

Dia menambahkan, tidak mengira ada bakti sosial di sekitar tempat tinggalkan. Bakti sosial ini, diyakini bisa mengurangi beban ibu-ibu rumah tangga. Karena paket murah bantuan Baznas seperti anugerah yang tidak terduga.

Sebagai informasi, peringatan Hari Jadi ke-79 Jawa Tengah mulai digelar 18-20 Agustus 2024, berpusat di Kota Salatiga. Dimeriahkan dengan serangkaian kegiatan di antaranya Jateng Fun Run 7.9 K, opening ceremony, dan harvesting gernas BBI/BBWI Jateng 2024, pameran produk jamu, kuliner dan UMKM, seni dan budaya, live musik, festival lampion dan kembang api, Jateng Bersholawat, lomba band, closing ceremony, serta pameran UMKM. (ADE)