bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Polisi Selidiki Penyebab Kebakaran KM KIRANA I, 52 Kru Kapal Dievakuasi

Senin, 12 Agustus 2024 13:15
    Bagikan  
Polisi Selidiki Penyebab Kebakaran KM KIRANA I, 52 Kru Kapal Dievakuasi

KEBAKARAN: KM KIRANA I saat sedang dievakuasi akibat kebakaran yang terjadi di perairan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Foto: Humas Polda Jateng

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM -Polda Jateng sedang menyelidiki sebab-sebab kebakaran yang menimpa kapal KM KIRAN I, Minggu (11/8/2024). Penyebab kebakaran kapal yang sedang legi jangkar tersebut sedang didalami dengan mengumpulkan bukti-bukti yang ada. 52 kru kapal milik PT Darma Lautan Utama itu sendiri berhasil dievakuasi.

Seperti diketahui, insiden kebakaran menimpa kapal KM KIRANA I, kapal penyeberangan antar provinsi milik PT Darma Lautan Utama, sekitar pukul 15.30 WIB. Kapal ini terbakar saat sedang lego jangkar di perairan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, sekitar 3 mil laut dari dermaga pelabuhan, pada koordinat 110°24'564" BT 6°55''067" LS.

Kapal yang tiba dari Pelabuhan Sampit pada tanggal 10 Agustus 2024 ini seharusnya melanjutkan pelayaran kembali ke Sampit, Selasa, 13 Agustus 2024. Namun, karena terjadi insiden tersebut kapal tidak bisa berlayar.

Kebakaran sendiri bermula kru kapal mendengar ledakan dari dek tengah dan melihat api yang menyebar. Meskipun upaya pemadaman telah dilakukan, api tetap tidak dapat dikendalikan, memaksa kru kapal untuk meninggalkan kapal dengan menceburkan diri ke laut.

Kru Kapal

Menurut keterangan Dir Polair Polda Jateng, Kombes Pol Hariadi, sebanyak 52 kru kapal berhasil diselamatkan tanpa ada korban jiwa. Di antara kru tersebut, 21 orang adalah kru inti, 24 orang kru vendor, dan 7 orang teknisi. Para Kru kapal yang menceburkan diri ke laut berhasil diselamatkan Kapal Dit Polairud Polda Jateng dan tug boat TB NUSANTARA VIII, TB. KRISNA 315, serta TB. SATRIA LAKSANA 127.

"Kami dari Dit Polairud Polda Jateng  berhasil menyelamatkan 21 Kru kapal dan  untuk proses pemadamannya dilakukan oleh lima unit tug boat pemadam milik PT PELINDO Semarang," jelas Kombes Pol Hariadi.

Kombes Pol Hariadi juga menyampaikan bahwa Ditpolairud Polda Jateng telah melakukan berbagai tindakan cepat untuk menangani kejadian tersebut, termasuk mengamankan area perairan di sekitar lokasi kejadian dan berkoordinasi dengan KN Nakula milik Basarnas, KT Bima 306, dan KT Kresna 315 untuk memastikan keselamatan kru serta memadamkan api yang melanda kapal. (ADE)