bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Bupati Apresiasi Festival Layang-layang di Ketawangrejo, Sebut Ajang Silaturahmi dan Promosi

Minggu, 11 Agustus 2024 22:48
    Bagikan  
Bupati Apresiasi Festival Layang-layang di Ketawangrejo, Sebut Ajang Silaturahmi dan Promosi

Bupati Purworejo Yuli Hastuti saat membuka Festival Layang-layang. Panorama langit Pantai Ketawang yang dihiasi layang-layang. Foto: Prokopim

PURWOREJO, HELOINDONESIA.COM - Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH membuka Purworejo Kite Festival 2024 atau Festival Layang-layang Nasional 2024 di Pantai Ketawang, Desa Ketawangrejo, Kecamatan Grabag, Minggu 11 Agustus 2024.

Pembukaan festival tersebut juga dihadiri Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Jawa Tengah Agung Hariyadi, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kulon Progo, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kebumen, Direktur Angkasa Pura Bandara NYIA, Direktur Badan Otorita Borobudur, Kabag Prokopim serta Forkopimda Purworejo, dan Forkopimcam Grabag.

Baca juga: Menikmati Keindahan Layang-layang di Langit Pantai Ketawang dalam PKF 2024

Event yang sudah dilaksanakan sejak tahun 2015 ini, diikuti oleh 55 klub, dimana 6 klub diantaranya berasal dari mancanegara, terdiri dari negara Malaysia, Jepang, Singapura, Polandia, Belgia dan Perancis. Selain itu ada 42 klub lainnya yang berasal dari Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur, 5 klub dari kota dan kabupaten di Wilayah DIY, serta 3 klub lokal dari Kabupaten Purworejo.

layang

Dalam kesempatan tersebut, Bupati menyampaikan apresiasi dan terima kasih karena capaian penyelenggaraan festival layang-layang mampu menyedot banyak peserta dari mancanegara dan luar Pulau Jawa.

“Atas nama Pemerintah Daerah, saya menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada semua pihak, yang telah bekerja keras dalam menyelenggarakan kegiatan ini. Saya juga menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Desa Ketawang dan masyarakat Kecamatan Grabag yang turut mendukung suksesnya event wisata sekaligus seni, olahraga dan hiburan ini,” ungkapnya.

Silaturahmi dan Tradisi

Menurutnya, Festival Layang-Layang ini juga menjadi kesempatan bagi untuk mempererat tali silaturahmi diantara penggemar layang-layang, serta untuk mempromosikan Purworejo sebagai daerah yang kaya akan budaya, wisata, dan tradisi.

Baca juga: Enam Negara Ramaikan Festival Layang-Layang Purworejo 2024, Simak Rundown Acaranya

“Festival ini bukan hanya sebuah perlombaan, tetapi juga merupakan bentuk perayaan dan pelestarian tradisi yang telah lama ada di budaya kita. Melalui festival ini, kita tidak hanya merayakan keindahan layang-layang, tetapi juga mengingatkan kita akan nilai-nilai kebersamaan dan kekuatan kreativitas,” ujarnya.

Sementara Agung Pranoto selaku Ketua Panitia menjelaskan, bahwa kegiatan ini bertujuan menggeliatkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang ada di Kabupaten Purworejo serta memberikan edukasi dan motivasi kepada masyarakat untuk mengembangkan bakat dan kreativitas.

“Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari dari mulai tanggal 10-11 Agustus, saya berharap ke depan event ini dapat menjadi event unggulan di Kabupaten Purworejo sehingga bisa membawa nama Kabupaten Purworejo ke skala Nasional maupun Internasional,” pungkasnya. (Aji)