bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Ini Dugaan Penyebab Pesawat di Brazil Bisa Jauh Berputar dan Terbakar

Sabtu, 10 Agustus 2024 13:09
    Bagikan  
Foto
X @verveicarus

Foto - Ini Dugaan Penyebab Pesawat di Brazil Bisa Jauh Berputar dan Terbakar

HELOINDONESIA.COM - Pesawat maskpai regional Voepass jatuh di lingkungan perumahan dekat Sao Paulo, para ahli sampaikan dugaan penyebabnya bisa terjatuh.

Pesawat itu lepas landas dari Cascavel sekitar pukul 13.30 16.30 GMT) di kota Vinhedo, sekitar 80 km (50 mil) barat laut Sao Paulo.

Tetapi saat mengudara terlihat dalam video viral yang beredar, pesawat berjenis ATR-72 tersebut berputar tak terkendai seperti tertiup angin dan akhirnya terjatuh dan terbakar.

Baca juga: Viral Video Pesawat Jatuh Terbakar di Brazil, Seluruh Kru dan Penumpang Berjumlah 61 Orang Tak Terselamatkan

Warga yang melihat kejadia tersebut mengatakan terdengan bunyi ledakan saat pesawat terjatuh dan menghantam satu buah rumah di kompleks kondominium di Brazil.

Gerakan berputar terakhir yang tidak biasa dari pesawat sebelum menyentuh tanah memicu rasa ingin tahu yang luas di kalangan pakar penerbangan.

Para ahli tersebut menduga kalau yang menjadi penyebab pesawat terjatuh adalah es telah menumpuk di pesawat atau mengalami kegagalan mesin, namun para penyelidik mengatakan masih terlalu dini untuk menentukan penyebab kecelakaan itu.

Baca juga: Viral Video! Rumah 3 Lantai di Bandung Runtuh, Warga yang Menonton Bikin Warganet Geram

“Hari ini es sudah diperkirakan (pada ketinggian tempat pesawat terbang), tetapi masih dalam kisaran yang dapat diterima,” kata Chief Operations Officer Voepass Marcel Moura pada konferensi pers. Insinyur penerbangan asal Brazil dan penyelidik kecelakaan Celso Faria de Souza mengatakan kepada Reuters bahwa penumpukan es bisa menyebabkan pesawat terhenti dan berputar seperti yang terjadi.

Video jatuhnya pesawat di Brazil

 Beredar video yang memperlihatkan pesawat yang sedang mengudara tiba-tiba terjatuh yang diduga terjadi di Brazil.

Terlihat dalam video yang berdurasi 29 detik yang dibagikan oleh akun X @folkshittmedia sebuah pesawat yang berada di langit seperti oleng tak bisa melaju.

Pesawat tersebut seperti tertiup angin besar yang membuatnya tak terkendali dan membuatnya langsung terjun tak ke daratan.

Baca juga: Viral Video Terekam CCTV Siswa SMAN 95 Dibacok Oleh Belasan Anak SMA Lain, Warga Berhasil Amankan Pelaku

Setelah peswat terjatuh lalu muncul asap hitam pekat langsung membungbung ke udara yang menandakan kalau pesawat tersebut terbakar.

Dalam caption video tersebut terlihat kalau total ada 61 orang dalam pesawat tersebut termasuk seluruh kru dan penumpang.

Semuanya dikabarkan meninggal dunia tak terselamatkan.

Berikut videonya