bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Sebanyak 70 Bus Dikirim ke IKN Untuk Transportasi Selama Pelaksanaan Upacara HUT RI ke-79 dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya

Jumat, 9 Agustus 2024 21:18
    Bagikan  
MENUJU IKN
tangkapan layar

MENUJU IKN - Sedikitnya 70 armada bus diberangkatkan menuju IKN Kalimantan Timur dari pelabuhan Tanjung Perak Surabaya sejak Rabu (7/8/2024).

HELOINDONESIA.COM - Menyambut pelaksanaan upacara bendera Hari Ulang Tahun Indonesia (HUT) RI ke-79 di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, setidaknya ada 70 bus sudah diberangkatkan dari pelabuhan Tanjung Perak Surabaya sejak Rabu (7/8/2024).

Pemberangkat bus pariwisata dilakukan secara bertahap dari pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, pada Rabu (7/8/2024) diberangkatkan sebanyak 59 bus dan sudah tiba di IKN keesukan harinya, kemudian pada Kamis (8/8/2024).

Sedangkan tujuan trip bus pariwisata itu adalah pelabuhan Palembang, Kalimantan Timur dengan menggunakan angkutan pelayaran KM Dharma Ferry VII milik PT Dharma Lautan Utama (DLU) dengan dua kali pemberangkatan.

Baca juga: Infrastruktur Dasar Siap Dukung Upacara HUT ke-79 RI di IKN

Kemudian sisanya sebanyak 11 armada bus diberangkatkan pada Kamis (8/8/2024) menggunakan KM Dharma Ferry VII yang kembali sandar di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dan akan tiba malamnya.

GM Kalimas dan Gapura Surya Nusantara (GSN) PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Regional 3, Sub Regional Jawa, Ana Adiliya mengatakan pemberangkatan pengiriman armada bus dilakukan sebanyak dua kali.

Seluruh kendaraan yang dikirim untuk angkutan selama di IKN sudah dilakukan ramcheck di Terminal Solo, Jawa Tengah dan Terminal Purabaya, Sidoarjo, Jawa Timur.

Baca juga: Belajar dari Kasus Kecelakaan Sri Wulandari Tewas Terlindas Truk di Patura Lamongan, Sebaiknya Anda Memahami Tips ini

Sejauh ini kendaraan sudah dipastikan memenuhi stantar uji kelayakan (KIR) memiliki kelengkapan dokumen seperti STNK dan mengantongi izin penyelenggara wisata.

Ana Adilia mengatakan pihaknya saat ini sedang berkoordinasi dengan tim Pelindo Marine Service untuk kesiapan kapal pemandu dan tunda, untuk memperlancar proses operasional.

Baca juga: Persiapan Upacara HUT ke-79 RI di IKN, Menteri Basuki Jalin Kerja Sama dengan Garuda Indonesia

Terkait sisi faasilitas menurut Ana tambahan kapal sudah disiapkan sesuai dengan perencanaan, selain itu ruang tunggi kendaraan juga telah disiapkan dua jam sebelum kapal sandar.

Jadi untuk proses pemberangkatan pengiriman armada bus ke Kalimantan Timur sejauh ini tidak ada masalah dan berjalan dengan lancar, seluruh armada pun sekarang sudah sampai di Kalimantan Timur. **