bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Pilkada Pesawaran, KPU Buka Pendaftaran Paslon Akhir Agustus 2024

Nabila Putri - Nasional -> Peristiwa
2 jam 27 menit lalu
    Bagikan  
Pilkada Pesawaran, KPU Buka Pendaftaran Paslon Akhir Agustus 2024
Helo Lampung

Ketua KPU Pesawaran Yatin Putro Sugino/Foto: Rama

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesawaran menetapkan pada Agustus 2024 pendaftaran bagi pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati untuk Pilkada Pesawaran 2024.

Ketua KPU Kabupaten Pesawaran, Yatin Putro Sugino mengatakan, pada 24 Agustus 2024 menjadi pengumuman pendaftaran bagi pasangan calon yang akan maju di Pilkada Pesawaran.

"Sementara pada 27 hingga 29 Agustus tersebut merupakan jadwal pendaftaran yang telah ditetapkan. Karena ada beberapa tahapan di bulan Agustus hingga November sebelum dilakukan pencoblosan di 27 November," kata Yatin, Rabu (7/8/2024).

Baca juga: Yakin Menang, NasDem Usung Nanda-Antonius di Pilkada Pesawaran

Dijelaskan, pada pendaftaran pasangan calon akan dibuka pada 27 hingga 29 Agustus. Kemudian, penelitian dan persyaratan calon dimulai pada 27 Agustus hingga 21 September.

"Kemudian untuk penetapan pasangan calon akan dilakukan pada Minggu 22 September 2024. Setelah ditetapkan, maka tahapan selanjutnya adalah pelaksanaan kampanye pada 25 September," ujarnya.

"Pada pelaksanaan kampanye akan berlangsung kurang lebih satu bulan, yang berakhir di 23 November," tambahnya.

Yatin mengatakan, setelah kampanye berakhir, di 27 November 2024 menjadi pelaksanaan pemungutan suara. Penghitungan suara dan rekapitulasi hasil penghitungan akan berlangsung 27 November sampai dengan 16 Desember.

Baca juga: Bupati Beton, Alasan Golkar Rekom Petahana Lamteng Musa Ahmad

"Sementara itu pada Pilkada Pesawaran tidak ada pasangan calon dari jalur independen," jelasnya.

Ia mengungkapkan, tahapan pada pelaksanaan Pilkada 2024 telah diatur dalam Peraturan KPU No. 2 Tahun 2024. Tentang tahapan dan jadwal pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

"Pada penetapan calon Bupati dan Wakil Bupati Pesawaran pada tanggal 22 September yang akan di lakukan di kantor KPU," ungkapnya.

"Namun ada kemungkinan akan digelar di Kantor KPU setempat atau gedung Adora Desa Kurungan Nyawa Kecamatan Gedongtataan. Tapi kami akan melakukan kordinasi dahulu dengan pihak Kepolisian dimana gedung yang kita pakai nanti," pungkasnya. (Rama)