bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Pemkab Banjar Terima Penghargaan INAGARA Award 2024

Anang Fadhilah - Nasional -> Peristiwa
7 jam 44 menit lalu
    Bagikan  
Pemkab Banjar
INAGARA Award

Pemkab Banjar - Pemkab Banjar Terima Penghargaan INAGARA Award 2024

MARTAPURA, HELOINDONESIA.COM - Pemerintah Kabupaten Banjar meraih penghargaan INAGARA (Inovasi Administrasi Negara) Award 2024 dari Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI dalam kategori Tahap Deliver Launching Ide Inovasi. Pada tahun 2017, Pemkab Banjar juga menerima penghargaan serupa dalam kategori Pemerintah Daerah dengan Komitmen Tinggi terhadap Pengelolaan Inovasi Negara.

"Alhamdulillah, Kabupaten Banjar kembali mendapatkan penghargaan di bidang inovasi INAGARA Award tahun ini," ungkap Wakil Bupati Banjar, Habib Idrus Al Habsyi, pada Rabu (7/8/2024).

Habib Idrus menyampaikan rasa syukur atas pencapaian ini dan berharap inovasi yang berada pada tahap peluncuran dan pengantaran dapat terus maju ke tahap tampilan dan dokumentasi.

"Kami berharap tahun depan akan lebih banyak inovasi dari SKPD maupun masyarakat yang dapat mendukung pelaksanaan pekerjaan agar menjadi lebih efektif dan efisien," tambah Habib Idrus.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Plt Kepala LAN RI, Muhammad Taufik, kepada Wakil Bupati Banjar pada acara puncak peringatan HUT ke-67 LAN RI yang berlangsung di Aula Profesor Agus Dwiyanto, Jakarta Pusat, pada Rabu (7/8/2024). Penghargaan tertinggi dari LAN RI ini diberikan sebagai bentuk apresiasi terhadap daerah yang menunjukkan komitmen tinggi dalam pengembangan inovasi secara berkelanjutan.

Sejak 2017, Pemkab Banjar telah aktif dalam melaksanakan kegiatan laboratorium inovasi dengan pendampingan dari LAN kepada instansi/mitra untuk menghasilkan inovasi secara Co-Creation melalui lima tahap yang dikenal dengan istilah 5 D +1 D, yakni: Tahapan Drumpup, Diagnose, Design, Deliver, Display, dan Documentation.

Plt Kepala LAN RI, Muhammad Taufik, mengungkapkan bahwa selama empat tahun terakhir, telah tercipta 12.236 ide inovasi dari 117 kabupaten/kota, dengan 404 ide inovasi yang sedang berjalan.

"Inovasi-inovasi tersebut telah mampu mengatasi berbagai keterbatasan dan ketimpangan di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar)," ujar Taufik.

"Menghadapi tantangan tersebut, kita tidak boleh berpuas diri. Dengan adanya inovasi-inovasi ini, kita harus terus melakukan terobosan," pesannya.

Selain Pemkab Banjar, empat pemerintah daerah lainnya juga meraih penghargaan serupa, yakni Pemkab Pemalang dalam kategori Tahap Display Inovasi, Pemkab Lembata dalam kategori Tahap Deliver Launching Ide Inovasi, Pemkab Donggala dalam kategori Tahap Deliver Launching Ide Inovasi, dan Pemkab Sorong dalam kategori Laboratorium Inovasi Terintegrasi dengan Workshop Champion of Innovation.