bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Tim Peneliti USM Teliti Strategi Bisnis Kinerja UMKM di Kabupaten Demak

Selasa, 6 Agustus 2024 19:29
    Bagikan  
Tim Peneliti USM Teliti Strategi Bisnis Kinerja UMKM di Kabupaten Demak

DISKUSI: Tim Peneliti USM saat berdiskusi dengan pelaku UMKM Kabupaten Demak. Foto: Dok

DEMAK, HELOINDONESIA.COM -Tim Peneliti dosen pemula Universitas Semarang (USM) yang berhasil meraih Hibah DRTPM Kemenristek Dikti, mulai melakukan penelitian dengan judul ''Upaya Peningkatan Kinerja UMKM melalui Strategi Bisnis dan Technopreneurship, Dimediasi oleh Digital Technology (Studi Pada UMKM Kabupaten Demak), di Kabupaten Demak'' pada 1 Agustus 2024.

Tim Peneliti USM dipimpin Sulistyorini, SE MM dengan anggota Dr Any Setyarini SE MM, dan Ayu Nurafni Octavia SM MM.

Sulistyorini mengatakan, penelitiannya menyita perhatian karena pada saat ini permasalahan yang terjadi pada kinerja UMKM Kabupaten Demak, dalam pemanfaatan digital ekonomi masih belum optimal dan merata.

Selain itu juga masih kurang optimal dalam strategi bisnis dalam pemanfaatan teknologi digital serta teknologi berwirausaha.

Kinerja

''Tujuan utama penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja UMKM di Kabupaten Demak. Dalam penelitian ini variabel yang digunakan strategi bisnis, technopeneurship dan digital technology,'' katanya.

Menurutnya, di era globalisasi dan perkembangan ekonomi yang semakin pesat, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran yang sangat penting dalam perekonomian, termasuk di Kabupaten Demak.

''UMKM menjadi tulang punggung ekonomi lokal dan menjadi sumber pendapatan bagi sebagian besar penduduk. Era globalisasi ekonomi saat ini sudah mengikuti kemajuan pertumbuhan yang pesat pada teknologi, dan telah membantu anggapan tentang kompetisi yang sangat hebat dikalangan pelaku UMKM,'' ujarnya.

Dia menambahkan, penelitian ini memiliki fokus pada pada implementasi kinerja UMKM untuk dapat memaksimalkan ekonomi digital dan dampaknya pada perekonomian Indonesia.

Strategi

Dia berharap, pelaku UMKM dapat memanfaatkan startegi bisnis yang kuat, berwirausaha menggunkan teknologi, Selain itu, teknologi digital yang digunakan dapat meningkatkan kinerja UMKM.

Ketua Paguyuban UMKM Kabupaten Demak, Dwi Endah Apriliyantini berharap, para pelaku UMKM memanfaatkan Digital Technology untuk memasarkan produk usaha mereka. ''Kami berharap, ada penelitian serupa untuk para pelaku UMKM di Demak,'' tandasnya. (ADE)