bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Tim Peneliti USM Lolos Hibah Kemenristek Dikti RI, Lakukan Penelitian di Kudus

2 jam 43 menit lalu
    Bagikan  
Tim Peneliti USM Lolos Hibah Kemenristek Dikti RI, Lakukan Penelitian di Kudus

USM: Tim Penelitian Universitas Semarang (USM) bersama guru dan siswa-siswi SMP Negeri 1 Jekulo, Kudus. Foto: Dok

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM -Tim Penelitian Universitas Semarang yang didanai Kemenristek Dikti RI mulai melakukan penelitian dengan judul ''Exploration of Self Esteem Model (Exseed)'' di SMP Negeri  1 Jekulo, Kudus pada 1 Agustus 2024. Penelitian ini dipimpin Prof Dr Rini Sugiarti MSi, Psikolog, dengan anggota tim yaitu Dr Erwin Erlangga MPd dan Agusta Praba Ristadi Pinem SKom MKom.

Prof Rini mengatakan, tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengintegrasikan inovasi teknologi dalam eksplorasi model self esteem berbasis pendidikan 5.0 guna memperkuat karakter siswa cerdas istimewa.

Pendidikan 5.0 menekankan penggunaan teknologi sebagai alat untuk memperkaya pengalaman belajar dan memungkinkan integrasi teknologi seperti kecerdasan buatan (AI), Augmented Reality (AR), dan Virtual Reality (VR) dalam pembelajaran.

"Dengan menggunakan teknologi ini, kami berharap dapat menciptakan pengalaman belajar yang lebih imersif dan membantu siswa cerdas istimewa memahami konsep-konsep abstrak dengan lebih baik,'' kata Prof Rini.

Teknologi

Menurutnya, penggunaan teknologi tersebut merupakan langkah maju untuk memperkuat karakter siswa dalam konteks pembelajaran inklusif yang berpusat pada mereka. Penelitian ini juga mengembangkan platform pembelajaran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan individual siswa cerdas istimewa.

Selain itu, teknologi yang digunakan diharapkan dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar mengajar.

''Hasil dari penelitian ini ditargetkan untuk dipublikasikan di jurnal internasional bereputasi Scopus Q3, seperti International Journal of Information and Education Technology, serta dalam bentuk buku monograf ber-ISBN,'' ungkapnya. (ADE)