bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Tim Pengabdian USM Lolos Hibah Kemenristek Dikti lewat SIGabbi

1 jam 55 menit lalu
    Bagikan  
Tim Pengabdian USM Lolos Hibah Kemenristek Dikti lewat SIGabbi

Tim dosen USM lolos hibah Kemenristek Dikti melalui implementasi SIGabbi di SMKN 3 Pati

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Tim Pengabdian Universitas Semarang (USM) berhasil meraih Hibah Direktur Riset, Teknologi, Pengabdian Masyarakat (DRTPM) Kemenristek Dikti untuk proyek pengabdian masyarakat dengan judul ''Implementasi SIGabbi: Peningkatan Kualitas Pembelajaran dan MBKM di SMK Negeri 3 Pati Melalui Sistem Integrasi'' pada 1 Agustus 2024.

Tim ini dipimpin Dr Erwin Erlangga MPd dengan anggota Prof Dr Rini Sugiarti MSi, Psikolog, dan Agusta Praba Ristadi Pinem SKom MKom.

Baca juga: Pertama Digelar, Pasar Raya TBJT di Solo Sajikan Karya Seni Tradisional hingga Band Pelajar

Menurut Erwin, permasalahan yang melatarbelakangi pengabdian ini adalah belum adanya platform belajar online yang menyediakan fitur-fitur krusial seperti memberikan nilai terhadap kompetensi siswa, merekam data kompetensi dan skill siswa, memberikan notifikasi peluang kerja dan magang, serta menyediakan referensi pekerjaan di tingkat lokal, nasional, dan internasional.

Tantangan ini signifikan dalam konteks pendidikan di SMKN 3 Pati.

''Tujuan dari Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan memfasilitasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di SMKN 3 Pati,'' kata Erwin.

Dia mengatakan, inovasi yang ditawarkan adalah Sistem Integrasi Pembelajaran dan MBKM Indonesia (SIGabbi), sebuah aplikasi yang dikembangkan sebagai media manajemen sekolah modern.

Baca juga: Budayakan Literasi, Ratusan Pelajar di Purbalingga Ikuti Lomba Baca Puisi

SiGabbi menyediakan fitur data siswa dan lulusan, serta media peningkatan skill melalui menu Course, Competence Center, dan MBKM.

Aplikasi ini juga dapat digunakan oleh siswa atau sekolah untuk mencari pekerjaan yang sesuai dengan kompetensi mereka.

''Kami berharap, dengan adanya SIGabbi dapat memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi oleh SMK N 3 Pati, sekaligus meningkatkan kualitas pendidikan dan memfasilitasi program MBKM di sekolah ini,'' ungkap Erwin. (Aji)