bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Sambangi Pesawaran, KPK RI Observasi Percontohan Kabupaten Anti Korupsi

Nabila Putri - Nasional -> Peristiwa
3 jam 7 menit lalu
    Bagikan  
Sambangi Pesawaran, KPK RI Observasi Percontohan Kabupaten Anti Korupsi
Helo Lampung

Bupati Dendi bersama Tim KPK RI/Foto: Rama

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI mengunjungi Kabupaten Pesawaran guna observasi program percontohan Kabupaten/Kota Anti-korupsi.

Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona mengatakan Kabupaten Pesawaran telah diteropong dan diharapkan dapat mewakili Provinsi Lampung untuk menjadi Kabupaten Anti Korupsi Tahun 2025. Untuk menuju Kabupaten Anti Korupsi, Ia mengajak mempersiapkan diri menuju kabupaten yang lebih baik.

"Kita semua pasti menginginkan perkembangan dan mendukung anti korupsi di Provinsi Lampung terutama di Kabupaten Pesawaran. Jika ada sistem-sistem yang bocor mari kita benahi sehingga kita layak menyandang predikat tersebut," kata Dendi di Aula Pemkab setempat, Rabu (31/7/2024).

Baca juga: Kapolda Komit Jaga PTPN 1 Reg 7 dari Pendudukan Aset Tanah Dll

Menurutnya, jajaran Pemkab Pesawaran harus mampu untuk menuju ke level yang lebih tinggi dalam memerangi korupsi.

"Mari sama-sama kita membuktikan kalau Kabupaten Pesawaran, kita ini adalah kabupaten yang baik, yang bebas dari korupsi," ujarnya.

Ia mengapresiasi seluruh Tim KPK RI yang telah mendampingi Kabupaten Pesawaran mulai dari lolosnya klasifikasi Desa Anti Korupsi dan berharap naik menjadi Kabupaten Anti Korupsi.

Sementara, Sekretaris Inspektorat Provinsi Lampung Herlina Jeane Aldian menyampaikan pemberantasan korupsi tidak hanya tugas dari lembaga anti korupsi saja, namun peran aktif dari masyarakat.

"Bagaimana cara kita untuk membangun implementasi dalam mendukung pembangunan daerah yang bebas dari korupsi," kata Herlina.

Dikatakan, tujuan kegiatan ini menurutnya adalah terbangunnya budaya anti korupsi dan berharap Kabupaten Pesawaran bebas dari korupsi.

Baca juga: Gerindra Tak Tahu, Reihana Deklarasi Cawakot Bandarlampung

Di tempat yang sama, Direktur Pembinaan Peran Serta Masyarakat KPK RI Kumpul Kusdwidjanto Sudjadi mengatakan berdasarkan usulan dari berbagai pihak sehingga Kabupaten Pesawaran ditunjuk untuk menjadi kabupaten percontohan anti korupsi.

Selain itu, pihaknya juga telah menganalisa dalam beberapa tahun kebelakang Kabupaten Pesawaran konsisten dalam mengimplementasikan indikatornya.

"Usulan dari Pemerintah Provinsi Lampung, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PANRB, Kementerian Keuangan serta usulan dari pemerhati Anti Korupsi dan analisa kami Kabupaten Pesawaran kedepannya dapat menjadi kabupaten percontohan," ujarnya.

Ia menyampaikan kehadiran Tim KPK RI hari ini di Kabupaten Pesawaran untuk mendapatkan indikator yang telah dikirimkan.

"Apakah Kabupaten Pesawaran masih tetap konsisten, karena yang menilai bukan hanya kami, tapi juga dari Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Keuangan, Kementerian PAN RB, Ombudsman dan BPKP," kata dia.

"Jika Kabupaten Pesawaran menjadi Kabupaten Percontohan, maka pihaknya akan membina dalam permasalahan terkait pengadaan barang dan jasanya, serta benturan peraturan yang susah di implementasikan," pungkasnya. (Rama)