bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Pembinaan UMKM di Kecamatan Demak, Bupati: Rezeki Tak Tertukar, Maka Jangan Pelit Berbagi Ilmu

3 jam 42 menit lalu
    Bagikan  
Pembinaan UMKM di Kecamatan Demak, Bupati: Rezeki Tak Tertukar, Maka Jangan Pelit Berbagi Ilmu

Bupati Demak dr Hj Eistianah didampingi Plt Camat Demak Okky Andrianto saat meninjau stan produk UMKM di wilayah Kecamatan Demak. Foto : jati

DEMAK, HELOINDONESIA.COM - Pembangunan daerah dengan mengoptimalkan potensi unggulan intensif dilakukan Pemkab Demak. Selain demi kemajuan daerah, juga dimaksudkan meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Termasuk di dalamnya mengembangkan UMKM, yang notabene termasuk pilar pembangunan daerah, di samping sektor pertanian, perikanan dan kelautan, serta pariwisata. Selain aktif mengikutkan produk UMKM unggulan Demak pada pameran di tingkat nasional, dilakukan pula pembinaan dan pendampingan bahkan hingga tingkat kecamatan.

Baca juga: Pemkot Inisiasi Lomba Desain Bangunan Hijau, Minimalkan Emisi Karbon

Pada kegiatan Fasilitasi dan Pembinaan UMKM di Kecamatan Demak, Plt Camat Demak Okky Andrianto SH MH menyampaikan, fasilitasi dan pembinaan UMKM dimaksudkan membentuk UMKM yang memiliki legalitas dan kapasitas. Sehingga mampu tumbuh bersaing, seiring diproduksinya produk berkualitas dan bernilai jual tinggi. Serta berujung peningkatan ekonomi dan kesejahteraan.

"Adanya fasilitasi dan pembinaan UMKM di Kecamatan Demak ini diharapkan dapat meningkatan kapasitas SDM melalui legalitas usaha dan pelatihan digital marketing. Bahkan melalui forum ini jugabpara pelaku UMKM dapat saling berkomunikasi, bersilaturahmi sekaligus bertukar pengalaman," kata Okky , Selasa 30 Juli 2024.

Terobosan

Hal sama disampaikan Bupati Demak dr Hj Eisti'anah SE, yang dihadirkan sebagai narasumber pada kegiatan di Aula Kecamatan Demak itu. Berbagai terobosan telah dilakukan pemerintah daerah melakukan OPD terkait, hingga kecamatan, agar ribuan UMKM di Kabupaten Demak lalu keras di pasaran.

Bahkan terobosan dilakukan hingga tingkat kecamatan. Di samping menggelar ekspo UMKM, juga mengikutsertakan beberapa produk khas dan unggulan di pameran tingkat nasional, tentunya agar pemasaran semakin luas. Karena UMKM tidak terbatas pada makanan dan minuman, namun bisa juga berupa handycraft atau kerajinan tangan.

Baca juga: Chacha Frederica Terharu Lihat Warga Kabupaten Kendal Bahagia

Tapi begitu, masih saja lakunya kurang bagus, dan ini dimungkinkan strategi marketingnya yang masih kurang menguasai. Seiring perkembangan teknologi informatika dan dunia digital, menurut Bupati, UMKM bisa memanfaatkan marketplace dan sejenisnya. Maka itu UMKM pun harus mengikuti perkembangan zaman, agar tidak tergerus dan tertinggal.

Apalagi UMKM di Kecamatan Demak, produknya ada yang sudah luar biasa sebarannya. Bahkan beberapa kali sudah dihaturkan untuk oleh-oleh tamu-tamu di Pemkab Demak. Di samping penjualannya pun sudah goni internasional.

Maka itu, lanjut Bupati Eisti'anah, yang sudah bagus pasarannya bisa sharing pada forum UMKM. Yang belum bagus silahkan gunakan kesempatan untuk meningkatkan kualitas usahanya. Jangan malu apalagi pelit berbagi ilmu. Karena rezeki tidak akan tertukar. Meski produk yang dijual sama. (Jati)