bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Gibran Wapres RI Terpilih akan Menerima Penghargaan Pemuda Peduli Olahraga dari PWI

Anang Fadhilah - Nasional -> Peristiwa
3 jam 21 menit lalu
    Bagikan  
Wapres RI terpilih
Gibran Rakabuming Raka

Wapres RI terpilih - Gibran Rakabuming Raka Terima Penghargaan Pemuda Peduli Olahraga dari PWI. ist/helokalsel

BANJARMASIN, HELOINDONESIA.COM - Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Kalimantan Selatan, Zainal Helmie, menyatakan bahwa persiapan untuk Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIV capai 80 persen. Berbagai agenda pendukung acara telah diselesaikan sesuai rencana, termasuk melibatkan media-media di Kalimantan Selatan untuk berpartisipasi aktif.

“Secara keseluruhan, persiapan kami telah mencapai sekitar 80 persen. Kami telah menyiapkan segala kebutuhan untuk EO pembukaan dan penutupan, transportasi, konsumsi, dan lainnya. Selain itu, kami juga telah mempersiapkan 2.000 kamar untuk para wartawan,” ujar Zainal Helmie usai penandatanganan kesepahaman bersama 39 media di Kalimantan Selatan, yang berlangsung di Gedung PWI Kalsel, Benua Anyar Banjarmasin, pada Senin (29/7/2024).

Kerja sama dengan media-media massa di Banua, Kalsel Babussalam, diperkuat sebagai dukungan publikasi, bertujuan agar perhelatan kewartawanan tingkat nasional ini dapat terus dipromosikan melalui pemberitaan Porwanas yang maksimal.

Progres persiapan terus berjalan, dan pihak panitia berharap Wakil Presiden Terpilih, Gibran Rakabuming Raka, dapat hadir pada pembukaan Porwanas XIV yang akan digelar pada 20 Agustus 2024 mendatang di Gedung Olahraga Paman Birin, Banjarbaru.

Zainal menambahkan bahwa undangan kepada Gibran telah diserahkan bersama Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel, Roy Rizali Anwar, beberapa hari lalu di Solo, Jawa Tengah. Dalam kesempatan yang sama, disampaikan pula bahwa Walikota Solo tersebut akan menerima penghargaan sebagai Pemuda Peduli Olahraga dari PWI Pusat.

Porwanas XIV Tahun 2024 akan menghadirkan sejumlah perubahan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Panitia menambahkan nuansa baru pada event tahunan profesi jurnalistik ini dengan memperkenalkan Cabang Jurnalistik.

Pertandingan yang akan dilombakan dalam Porwanas XIV meliputi Atletik, Biliar, Bulutangkis, Bridge, Catur, Tenis Meja, Tenis Lapangan, E-Sport, Futsal, Domino, Olahraga Tradisional Balogo, Jurnalistik, dan Karaoke (untuk Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia – IKWI).

“Kami di Kalimantan Selatan ingin memberikan sentuhan berbeda. Selain olahraga, kami juga akan mempertandingkan karya-karya jurnalistik. Kami berharap cabang ini dapat mengangkat potensi Kalimantan Selatan, khususnya Geopark Meratus, melalui karya jurnalistik,” tambahnya.

Cabang Jurnalistik akan terdiri dari lima nomor emas, yaitu dua kategori fotografi, satu karya tulis, satu reportase radio, dan satu videografi. Tema yang diangkat dalam cabang ini adalah Geopark Meratus, dan karya jurnalistik peserta wajib ditayangkan di media masing-masing.