Helo Indonesia

Semargres 2024 Beri Kontribusi Pertumbuhan Ekonomi Kota Semarang

2 jam 10 menit lalu
    Bagikan  
Semargres 2024 Beri Kontribusi Pertumbuhan Ekonomi Kota Semarang

PENUTUPAN: Semarang Great Sale (Semargres) tahun lalu berlangsung meriah dan sukses. Foto: Dok

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM -Pariwisata dan ekonomi di Kota Semarang diprediksi bakal bergeliat pada Agustus 2024 mendatang. Menyambut kemerdekaan ke-79 RI, sejumlah event pariwisata dan program menarik akan hadir di Kota Semarang, salah satunya adalah Semarang Great Sale (Semargres) 2024.

Semargres 2024 kali ini mengusung tema "Merdeka Belanja’’. Event tahunan Semargres akan berlangsung selama satu bulan penuh mulai tanggal 1 sampai dengan 31 Agustus 2024.

“Dari tahun ke tahun, penyelenggaraan Semarang Great Sale selalu memberikan kontribusi positif bagi pertumbuhan ekonomi Kota Semarang. Semoga tahun ini juga semakin meningkatkan omset UMKM sekaligus membuat bahagia masyarakat karena bisa belanja diskon besar-besaran,” ujar Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu di kantornya, Senin (29/7/2024).

Pihaknya mengapresiasi Kadin Kota Semarang yang terus melakukan inovasi dalam setiap penyelenggaraan Semargres hingga kini mencapai edisi ke-13. “Saya mengajak masyarakat untuk berbelanja dan menikmati program diskon ini karena setahun hanya sekali. Sudah belanja dapat diskon, bisa dapat hadiah pula,” tambahnya.

Kolaborasi

Pada penyelenggaraan Semarang Great Sale 2024, Kadin akan berkolaborasi dengan berbagai asosiasi agar semakin banyak tenant yang berpartisipasi memberikan diskon. Sejauh ini, banyak pihak telah bergabung, di antaranya Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia atau PHRI, 9 mall di Kota  Semarang, 39 retail Aprindo, 20 bar/entertainment service Pagersemar, serta 15 titik pasar tradisional dan PKL di Kota Semarang.

Ketua Panitia Semarang Great Sale, Tanti Aqsa, menjelaskan bahwa penyelenggaraan Semargres kali ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian di Kota Semarang dengan melibatkan banyak tenant dan kolaborasi dengan 10 pasar tradisional serta lima paguyuban UMKM. "Hadiah Semargres tahun ini meliputi satu unit mobil, lima motor, laptop, serta barang elektronik lainnya," terang Tanti.

Ia menambahkan, bahwa target transaksi dalam Semargres tahun ini diharapkan lebih tinggi dari tahun 2023. "Pada 2023, transaksi Semargres mencapai lebih dari Rp200 miliar, sedangkan tahun ini kami optimis transaksi bisa tembus Rp300 miliar," jelasnya.

Konsistensi

Sementara itu, Ketua Kadin Kota Semarang, Arnaz Andrarasmara, mengucapkan rasa syukur atas konsistensi penyelenggaraan Semargres hingga ke-13 ini. “Alhamdulillah, Semargres kembali lagi. Ke-13 kali kami konsisten mengadakan Semargres. Kali ini di 2024, dengan panitia yang baru dan didukung oleh para pengusaha serta pemerintah kota, Insyaa Allah kegiatan Semargres bisa menaikkan lagi pertumbuhan ekonomi di Kota Semarang,” harap Arnaz. Rangkaian Semarang Great Sale 2024 selama bulan Agustus ini akan menjadikan Kota Semarang semakin meriah dan semarak menyambut HUT ke-79 RI. Pada 2 Agustus, pembukaan Semargres akan bersamaan dengan "Festival Arak-arakan Cheng Ho 2024 (619 tahun)," memperingati hari kedatangan Laksamana Cheng Ho di Kota Semarang, dengan menggelar arak-arakan dari Klenteng Tay Kak Sie menuju Klenteng Agung Sam Poo Kong.

Sebelumnya, pada 27 Juli lalu, Pemerintah Kota atau Pemkot Semarang telah menggelar Pandanaran Art Festival di kawasan Kota Lama serta kirab Ki Ageng Pandanaran dari Taman Indonesia Kaya hingga Makam Ki Ageng Pandanaran. Nantinya, pada hari kemerdekaan Indonesia akan dimeriahkan dengan Semarang Merdeka Flower Festival, pawai pembangunan dengan konsep bunga pada 24 Agustus 2024, yang juga digabungkan dengan acara resepsi HUT ke-79 RI.

Dengan sejumlah event pariwisata tersebut, diharapkan peringatan kemerdekaan ke-79 RI di Kota Semarang akan semakin meriah sekaligus membangkitkan roda perekonomian di Kota Semarang. (ADE)