Helo Indonesia

Mabar Ikan Bawal di Kendal, Diikuti 200 Peserta Berhadiah Jutaan Rupiah

2 jam 15 menit lalu
    Bagikan  
Mabar Ikan Bawal di Kendal, Diikuti 200 Peserta Berhadiah Jutaan Rupiah

MABAR: Suasana mabar yang diselenggarakan BUMDes Bina Mandiri di kolam pemancingan Desa Wonorejo, Kecamatan Laliwungu, Kabupaten Kendal, Minggu (28/7/2024). Foto: Anik

KENDAL, HELOINDONESIA.COM -Sekitar 200 peserta beradu ketangkasan dalam acara Mancing Bareng (Mabar) ikan bawal yang digelar BUMDes Bina Mandiri di kolam pemancingan Desa Wonorejo, Kecamatan Laliwungu, Kabupaten Kendal, Minggu (28/7/2024).

Ketua panitia mabar, Lilik Siswanto mengatakan, mabar ini digelar dengan tujuan sebagai ajang silaturahmi antar komunitas pemancing dari Kendal maupun luar Kabupaten Kendal.

"Selain, untuk menyalurkan hobi komunitas mancing, tujuan utama mabar kita juga ingin mencari persaudaraan yang banyak dan ingin mengenal komunitas lain," katanya seraya menambahkan, penilaian juara lomba berdasarkan ikan terberat, dengan persyaratan ikan makan umpan dari mulutnya.

"Juara ikan terberat. Dengan syarat ikan makan, bukan kena badannya tapi langsung dari dalam mulutnya," imbuh Lilik dari komunitas mancing Dewa Strek Kaliwungu.

Event Rutin

Adapun pemenang mabar disediakan hadiah berupa tropi dan uang pembinaan Rp 1 juta untuk juara satu, juara kedua akan mendapatkan tropi dan uang Rp 750 ribu, sementara juara ketiga mendapatkan thropy dan uang Rp 500 ribu.

Direktur BUMDes Bina Mandiri Desa Wonorejo, Ahmad Diyono menjelaskan, event mabar ini rutin tiga bulan sekali. Dengan harapan dapat menjadi ajang untuk memperkenalkan BUMDes Wonorejo Kaliwungu agar lebih dikenal oleh masyarakat Kendal dan luar Kabupaten Kendal.

"Lomba ini diikuti pemancing dari Kendal dan luar Kendal. Ada dari Batang, Semarang, Temanggung dan lain sebagainya. Sehingga harapannya dengan event ini para pengunjung di pemancingan BUMDes Bina Mandiri bisa meningkat dan secara otomatis bisa meningkatkan pendapatan desa juga," terang Ahmad Diyono.

Ia menjelaskan, BUMDes Bina Mandiri mengelola kurang lebih setengah hektar kolam pemancingan yang merupakan aset desa Wonorejo. Para pemancing dikenai tarif rata-rata Rp 20 ribu hingga Rp 25 ribu.

"Kalau Jumat tarifnya Rp 10 ribu, sehari rata-rata 20 pemancing. Ini sudah jalan tiga tahun. Kita sebar ikan bawal, nila, lele dan kalper. Harapannya usaha BUMDes ini bisa semakin berkembang dan lebih maju lagi.(Anik)