Helo Indonesia

Bawakan Tari Orek-orek, Seribuan Kepala Sekolah dan Guru Meriahkan Hari Jadi ke-283 Rembang

1 jam 59 menit lalu
    Bagikan  
Bawakan Tari Orek-orek, Seribuan Kepala Sekolah dan Guru Meriahkan Hari Jadi ke-283 Rembang

Para kepala sekolah dan guru di Rembang membawakan Tari Orek-orek saat memperingati Hari Jadi ke-283 Rembang

REMBANG, HELOINDONESIA.COM - Seusai upacara peringatan Hari Jadi Kabupaten Rembang ke-283 di alun-alun, 1.000 penari beraksi. Mereka terdiri atas Kepala Sekolah dan Guru PAUD, SD, serta SMP sederajat yang menari orek-orek, tarian khas Kota Rembang.

Tari Orek-orek merupakan kesenian tradisional Kabupaten Rembang, yang biasanya dipentaskan pada acara penting di masyarakat atau pemerintahan, seperti sedekah laut, hajatan, dan penyambutan tamu-tamu agung.

Para penari kompak mengenakan kebaya putih dengan bawahan batik tulis Lasem. Penampilan mereka membuat kagum para tamu undangan dan penonton di pinggir alun-alun.

Baca juga: Program Studi DSI Undip Implementasikan Autofeeder untuk Budidaya Ikan Air Tawar

Bupati Rembang mengaku terhibur dengan penampilan ribuan tenaga pendidik itu. Dia menyebut pasti ada jerih payah mereka dalam latihan untuk mempersiapkan diri saat tampil di hari H ini.

"Sangat baik penampilan mereka. Itu menunjukkan kebersamaan dan kekompakan," tutur Bupati usai foto bersama dengan sebagian penari.

Sementara itu, Kepala SMPN 1 Kaliori, Sukantiningsih, mengaku senang bisa ikut berpartisipasi dalam peringatan Hari Jadi Kabupaten Rembang. Ternyata, sejak kecil ia sudah sering menari.

"Sejak kecil sudah sering ikut pentas tari. Kemarin latihan kita cuma tiga kali di SMPN 2 Rembang dengan teman-teman, kita antusias sekali," ujarnya. (Aji)