Helo Indonesia

Himalika USM Beri Pelatihan Jurnalistik kepada Siswa SMKN 4 Semarang

1 jam 59 menit lalu
    Bagikan  
Himalika USM Beri Pelatihan Jurnalistik kepada Siswa SMKN 4 Semarang

Tim Himalika USM berpose bersama siswa SMKN 4 Semarang saat pelatihan jurnalistik

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM -  Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi (Himalika) Universitas Semarang (USM) memberikan Pelatihan Jurnalistik kepada siswa-siswi SMK Negeri 4 Semarang pada Rabu 24 Juli 2024.

Kegiatan yang merupakan program kerja dari Himalika tersebut menggandeng Komunitas Berita yang bertajuk ''Himalika Goes to School''.

Ketua Himalika USM, Rihadatul Aisy mengatakan, kegiatan tersebut untuk menginspirasi generasi muda agar lebih aktif dan terampil dalam membuat karya-karya jurnalistik.

Baca juga: Hiii...Becak Berpenumpang Mayat Pria Gegerkan Warga Madiun, Sandal dan Plastik Kresek Berceceran

''Acaranya berlangsung dengan penuh antusiasme, para siswa juga diajak untuk terjun langsung dalam membuat berita. Tak hanya teori, mereka juga diberikan kesempatan untuk mengaplikasikan ilmu yang mereka dapatkan dalam sesi praktik lapangan,'' katanya.

Di sisi lain, Siswa SMK Negeri 4 Semarang, Adit mengaku mendapatkan pengalaman yang berharga setelah mengikuti kegiatan tersebut.

''Ini adalah pengalaman yang sangat berharga bagi kami. Saya merasa lebih percaya diri dan termotivasi untuk mengeksplorasi dunia jurnalistik lebih dalam lagi,'' ungkap salah satu siswa, Adit.

Sementara itu, Ketua Komunitas Berita, Amara Selvi Oktavia berharap, kegiatan tersebut dapat membuka wawasan siswa mengenai pentingnya keterampilan jurnalistik dalam kehidupan sehari-hari, terutama di era digital saat ini.

Baca juga: Hasil Coklit, Bawaslu Kota Semarang Temukan 5.448 Pemilih Alamat RT 0 RW 0

Dengan kemampuan menulis yang baik, para siswa dapat menyampaikan informasi dengan akurat dan bertanggung jawab.

''Menurut saya, tidak hanya memberikan manfaat jangka pendek, Himalika Goes to School juga diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi siswa untuk mempertimbangkan karier di bidang jurnalistik. Dengan keterampilan yang mereka asah melalui program ini, kami berharap, nantinya ada di antara mereka yang akan menjadi jurnalis profesional,'' ujar Amara. (Aji)