Helo Indonesia

Pj. Gubernur Samsudin Lakukan Tetes Polio Pertama, Tanda Dimulainya Program Imunisasi Polio Massal

Selasa, 23 Juli 2024 13:34
    Bagikan  
Pj. Gubernur Samsudin Lakukan Tetes Polio Pertama, Tanda Dimulainya Program Imunisasi Polio Massal

Pj. Gubernur Lampung Samsudin meresmikan Pencanangan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM -  --- Pj. Gubernur Lampung Samsudin meresmikan Pencanangan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio Tingkat Provinsi 2024 di Lapangan Desa Bumi Sari, Kecamatan Natar, Selasa (23/07/2024).

Peresmian PIN Polio ditandai dengan pemberian tetes polio pertama secara simbolis oleh Pj. Gubernur Samsudin sekaligus menandai dimulainya program imunisasi polio massal di 15 Kabupaten/Kota di Provinsi Lampung.

Provinsi Lampung menargetkan 1.259.539 anak usia 0-7 tahun untuk mendapatkan imunisasi polio. Imunisasi akan dilakukan di Posyandu, Pustu, Puskesmas, sekolah, dan pos pelayanan lainnya. Adapun pelaksanaan PIN Polio di Provinsi Lampung dibagi dalam dua putaran, yaitu :

Putaran 1 (dosis 1): 23-29 Juli 2024.
Sweeping Putaran 1: 30 Juli - 3 Agustus 2024.
Putaran 2 (dosis 2): 6-12 Agustus 2024.
Sweeping Putaran 2: 13-17 Agustus 2024.

Pj. Gubernur Samsudin menyebutkan, pandemi Covid-19 telah menyebabkan penurunan yang signifikan dalam cakupan imunisasi rutin, termasuk imunisasi polio, yang menyebabkan meningkatnya jumlah anak yang tidak mendapatkan imunisasi lengkap.

Pada November 2022, kasus poliomyelitis yang disebabkan oleh Vaccine-Derived Polio Virus Type 2 (VDPV2) ditemukan di Aceh, yang ditanggulangi dengan cepat oleh tim gabungan Kemenkes RI dan mitra.

Saat ini, terdapat situasi Kejadian Luar Biasa (KLB) Polio di tujuh provinsi serta 32 provinsi dan 399 Kabupaten/Kota yang berisiko tinggi. Oleh karenanya, imunisasi massal polio dengan cakupan 95% dilakukan untuk memutus transmisi virus.

Pj. Gubernur Samsudin berharap, Pemerintah bersama organisasi kemasyarakatan, profesi, tokoh agama, dan masyarakat dapat berperan aktif dalam memastikan semua anak menerima imunisasi polio.

"Pencanangan ini adalah bukti komitmen kami bahwa  Lampung siap menyukseskan program imunisasi nasional," ujar Pj. Gubernur.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Edwin Rusli juga menambahkan bahwa Provinsi Lampung siap untuk pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional Polio baik dari segi kesiapan Sumber Daya Manusia melalui Advokasi (diskominfotik)