Helo Indonesia

Berkebaya Sehari, Cara Dosen FH USM Melestarikan Budaya Indonesia

Kamis, 25 Juli 2024 11:37
    Bagikan  
Berkebaya Sehari, Cara Dosen FH USM Melestarikan Budaya Indonesia

BERKEBAYA: Para dosen FH USM mengenakan busana kebaya dalam rangka memperingati Hari Kebaya Nasional. Foto: Dok

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM -Hari Kebaya Nasional yang jatuh pada Rabu (24/7/2024) terasa istimewa di lingkungan kampus Universitas Semarang (USM), khususnya di Fakultas Hukum (FH). Para dosen Fakultas Hukum kompak mengenakan busana kebaya pada hari itu. Selama menjalankan aktivitas selama sehari, mereka mengenakan kebaya untuk dosen wanita dan pakaian tradisional untuk pria.

Cara unik yang dilakukan para dosen tersebut tidak dibantah oleh Dekan Fakultas Hukum USM, Dr Amri Panahatan Sihotang, SS SH MHum. Amri membenarkan dan menyatakan, cara yang dilakukan para dosen tidak lain untuk memperingati Hari Kebaya Nasional, sekaligus melestarikan budaya Indonesia.

''Sekaligus mengingkatkan kembali ke para generasi muda, bahwa kebaya adalah ciri khas bangsa Indonesia yang sampai saat ini menjadi pakaian resmi nasional. Selain itu, Fakultas Hukum USM ini juga sudah terakreditas Unggul sehingga sesuatu yang ada di Fakultas Hukum USM harus berciri khas Unggul,'' katanya.

Identitas

Hal senada dikatakan Ketua Biro Konsultasi dan Bantuan Hukum (BKBH) FH USM Dr Tri Mulyani SPd SH MH. Menurutnya, kebaya menjadi identitas perempuan Indonesia yang tidak dimiliki oleh negara lain.

''Kebaya merupakan identitas perempuan Bangsa Indonesia, yang tidak dimiliki oleh negara lain, sehingga harus kita jaga dan lestarikan,'' ungkap Tri.

Tak hanya itu, para Dosen FH USM turut mengabadikan momen kekompakannya dengan berswafoto di beberapa spot foto dalam lingkungan kampus seperti Taman USM hingga di Kolam Renang Lantai 10 Gedung Menara USM. (ADE)