Helo Indonesia

OPD Pamerkan Produk Unggulan Kendal di PRK 2024

Rabu, 24 Juli 2024 19:57
    Bagikan  
OPD Pamerkan Produk Unggulan Kendal di PRK 2024

Wabup WS Basuki saat mengunjungi salah satu stan OPD di Pekan Raya Kendal. Foto: Anik

KENDAL, HELOINDONESIA.COM - Sejumlah stan yang ada di Pekan Raya Kendal (PRK) 2024 terlihat ramai dikunjungi. Diantaranya stand dari Sinas Pertanian dan Pangan (DPP) Kabupaten Kendal yang memamerkan produk-produk komoditas pertanian.

"Semua produk unggulan komoditas Kabupaten Kendal kita tampilkan disini seperti semangka, melon, bengkoang, bawang merah, kopi, pisang dan lainnya. Ini semua komoditas unggulan, kita" ungkap Kepala Dispertan Kendal, Pandu Rapriat Rogojati saat ditemui di stand PRK Dinas Pertanian Kendal, Rabu 24 Juli 2024.

Baca juga: Rumah Sehat Baznas Kendal Resmi Beroperasi, Mustahik Gratis Berobat

Pandu menerangkan, pameran komoditas pertanian ini merupakan upaya dari DPP Kendal untuk menyebarluaskan bahwa Kendal memiliki banyak komoditas di sentra pertanian.

"Kita mengenalkan, jadi produk-produk kita beragam. Orang tahunya pertanian itu hanya tanaman pangan. Padahal kita termasuk sentra kawasan sayuran, buah. Masih banyak yang perlu paham bahwa Kendal multi komoditas yang kualitasnya bagus," terangnya.

Bagikan Telur

Selain itu, stan DPP Kendal juga membagikan sejumlah telur untuk balita dan anak-anak sebagai upaya mendukung program pemerintah dalam menekan angka stunting di Kendal.

Baca juga: Piala Presiden 2024 : Madura United Berhasil Comeback, Kalahkan Bali United dengan Skor 2-3

"Harapannya stunting menurun, konsumsi protein dari telur meningkat. Pada akhirnya juga warga jadi cerdas, peternaknya juga senang karena telurnya bisa dijual ke masyarakat Kendal sendiri," beber Pandu.

Senada, stan Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Kendal juga memamerkan produk-produk UMKM asli Kendal yang telah menembus e-katalog atau menembus pasar nasional. Diantaranya dari klaster kopi hingga batik khas Kendal.

"Kita mau membuka dan memperlihatkan kepada masyarakat Kendal maupun dari luar Kendal bahwa kondisi UMKM kita itu sudah luar biasa. Dan dengan pameran di PRK ini kita bisa menunjukan produk-produk Kendal yang sudah mulai bisa bersaing di luar Kendal," beber Kadisdagkop dan UKM Toni Ari Wibowo. (Anik)