Helo Indonesia

Poltekkes Tanjungkarang Cek Kesehatan Puluhan Penderita DM dan Hipertensi di Pesawaran

Rabu, 24 Juli 2024 13:39
    Bagikan  
Poltekkes Tanjungkarang Cek Kesehatan Puluhan Penderita DM dan Hipertensi di Pesawaran

Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang cek kesehatan penderita DM dan Hipertensi/Foto: Ist

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM-- Dalam rangka pengabdian keppada masyarakat, Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Tanjungkarang memeriksa dan memberikan penyuluhan kepada puluhan penderita Diabetes Melitus (DM) dan Hipertensi di Desa Kebagusan Kecamatan Gedongtataan Kabupaten Pesawaran.

Ketua Tim Pengabdian Masyarakat Poltekkes Kemenkes Tanjung Karang, Madepan Mulia mengatakan, peserta yang mengikuti pemeriksaan DM hari ini sebanyak kurang lebih 40 orang.

“Sebanyak 40 orang tersebut, terdata sebagai penderita DM dan juga Hipertensi yang perlu dilakukan pemeriksaan secara bertahap dan rutin. Apalagi diantara puluhan orang penderita tersebut berusia lanjut atau diatas lima puluh tahun baik pria maupun wanita,” kata Madepan, Rabu (24/7/2024).

Ia mengatakan, pemeriksaan yang dilakukan ini meliputi, pengecekan tinggi badan (TB), berat badan (BB), tekanan darah (TD), dan cek gula darah.

“Setelah diperiksa kondisinya, kami berikan pemaparan, agar penderita bisa selalu awas terhadap penyakit ini dan juga mengatur pola hidupnya,” ujarnya.

Menurutnya, pemeriksaan yang dilakukan oleh tim yang meliputi mahasiswa Prodi D III Keperawatan Poltekkes Kotabumi, bertujuan untuk mengetahui jumlah masyarakat yang mengidap penyakit khususnya DM dan Hipertensi.

“Kita juga memberikan penyuluhan guna meningkatkan pengetahuan masyarakat, keluarga dan kader Kelompok Dukung Pengendali PTM desa (Poli PTM) Desa Kebagusan, serta memberikan keterampilan dalam pengendaliannya,” kata dia

Ia menyarankan, kepada masyarakat Desa Kebagusan dan umumnya masayarakat Kabupaten Pesawaran yang telah terdianogsis DM untuk memperhatikan beberapa hal penting dalam menjaga kesehatan.

“Diantaranya, mengikuti edukasi tentang DM di Posbindu PTM, Puskesmas atau rumah sakit, mengatur pola makan sesuai dengan diet DM, beraktifitas fisik secara teratur dan dengan prinsip BBTT (Baik, Benar, Terukur, dan Teratur) seperti jogging, senam, bersepeda, dan berenang,” pungkasnya. (Rama)