Helo Indonesia

Mahasiswa KKL Magister Hukum USM Diterima Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI di Kuala Lumpur

Rabu, 24 Juli 2024 09:13
    Bagikan  
Mahasiswa KKL Magister Hukum USM Diterima Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI di Kuala Lumpur

Mahasiswa Magister Hukum USM saat diterima Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI di Kuala Lumpur Malaysia

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Mahasiswa Magister Hukum Universitas Semarang (USM) yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) di Singapura dan Malaysia, diterima Atase Pendidikan dan Kebudayaan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Kuala Lumpur, Malaysia Prof Dr Muhammad Firdaus SP MSi, baru-baru ini.

Pada kesempatan tersebut, Prof Firdaus memaparkan tentang penangan masalah HAM, pidana, kemiskinan, budaya dan permasalahan batas wilayah negara.

Menurutnya, tenaga kerja yang mengalami kekerasan atau menjadi korban tindak pidana sebagian besar dialami wanita yang bekerja sebagai buruh migran.

Baca juga: Pekan Raya Kendal Ditarget Sedot 25 Ribu Pengunjung Setiap Hari

Dalam memberikan perlindungan hukum kepada korban tersebut, pihaknya mengacu pada UU Nomor 18 Tahun 2017 tentang Perlindungan Pekerja Migran Indonesia.

''Untuk mengentaskan kebodohan dari anak pekerja migran dan mengurangi kejahatan, maka Kedubes memiliki Sekolah di Malaysia yang khusus mendidik anak pekerja migran,'' katanya.

Dia mengatakan, ada tiga kasus besar yang sering mencuat di Malaysia yakni masalah perlindungan pekerja migran, isu perbatasan dan budaya.

Kaprodi Magister Hukum Universitas Semarang, Dr Drs H Kukuh Sudarmanto BA SSos SH MM MH mengatakan, KKL diikuti 27 mahasiswa dari angkatan XVII. Mereka melakukan KKL dengan tujuan Singapore dan Malaysia.

Baca juga: Hadapi Ancaman Kekeringan, Begini Antisipasi Pemprov Jateng

''Disamping ke Universiti Malaya dan kedutaan Besar Indonesia di Kualalumpur, para mahasiswa juga diminta untuk mengamati, mempelajari regulasi, kultur dan adat istiadat di Jewel, Merlion Park, Sentosa Island, Yoyo local oroduct, Vhovon Boutique, Genting Highlands Land dan Putra Jaya,'' ujar Kukuh.

Dia berharap, dengan KKL di luar negeri, mahasiswa Magister Hukum USM dapat membuka wawasan cara pandang global terhadap permasalahan hukum yang dianut di negeri tetangga secara praktis, teoritis dan psikologis.

Selain itu juga para mahasiswa bisa langsung berinteraksi dengan stakeholder yang ada di Singapura dan Malaysia,'' pungkasnya. (Aji)