Helo Indonesia

Audit Akuntan Publik Haryo Tienmar: Tak Ada Penyimpangan Dana UKW PWI Hasil Sponsorship Forum Humas BUMN

M. Haikal - Nasional -> Peristiwa
Selasa, 23 Juli 2024 20:35
    Bagikan  
UKW
Foto: Heloindonesia

UKW - Suasana ruangan rapat di kantor PWI Pusat Jl Kebon Sirih Kecamatan Gambir Jakarta Pusat saat dikunjungi capres Anies Baswedan tahun lalu.

HELOINDONESIA.COM - Hasil audit program pendidikan dan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang disponsori Forum Humas BUMN, atau dikenal dengan istilah UKW-BUMN Gate dinyatakan tidak ada penyimpangan. 

Rapat pleno Pengurus Harian PWI di Gedung Pers Lantai IV, Jakarta, Selasa (23/7/2024) juga membahas audit independen.

Hasil audit independen itu menyebutkan tidak ditemukan penyimpangan yang material dan signifikan atas laporan faktual penerimaan dan pengeluaran program UKW.

Audit tersebut dilakukan oleh akuntan independen untuk periode 1 Desember 2023 hingga 30 April 2024, dengan nomor laporan 008/HT/LAI/VII/24. 

Baca juga: Sedang Berlangsung AFF U19 : Indonesia vs Timor Leste, Jens Ravens Gacor Cetak Brace dan Bawa Indonesia Unggul 2-1 !

Hasil audit menunjukkan bahwa PWI Pusat telah sepenuhnya melaksanakan Surat Keputusan terkait tata cara pembagian insentif. 

Meski demikian, PWI Pusat diminta untuk meninjau kembali Surat Keputusan mengenai peruntukan cashback karena dianggap rancu dengan istilah gratifikasi. 

"PWI Pusat disarankan mengimplementasikan SOP yang telah dibuat Pengurus," ujar Ketua Umum PWI Pusat Hendry CH Bangun.

Baca juga: Gelar Pelatihan Video Kreatif, Benyamin: Wujudkan SDM Tangsel yang Unggul di Era Digital

Hendry menegaskan bahwa tuduhan mengenai pelanggaran atau penyimpangan dalam pelaksanaan program UKW yang didanai oleh sponsorship dari Forum Humas BUMN adalah tidak benar. 

"Tuduhan tersebut sama sekali tidak benar," tegasnya lagi. 

Ia juga menyebutkan bahwa rapat pleno telah memberikan persetujuan bulat untuk mengesahkan laporan akuntan independen dari Kantor Akuntan Publik Haryo Tienmar. 

Baca juga: Berkostum Wayang Orang, Cara Unik Satlantas Polres Purbalingga Sosialisasikan Tertib Lalu Lintas

"Rapat pleno telah secara bulat memberikan persetujuan untuk mengesahkan laporan audit tersebut," kata Hendry.

Dengan hasil audit ini, PWI Pusat berharap dapat mengklarifikasi segala tuduhan yang tidak berdasar dan memastikan bahwa program UKW berjalan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan.

Tags
PWIUKW