Helo Indonesia

Ketua Bappeda Lampung Elvira Terpilih Jadi Ketua IKA Faperta Unila

Herman Batin Mangku - Nasional -> Peristiwa
Minggu, 21 Juli 2024 18:58
    Bagikan  
FAPERTA UNILA
Helo Lampung

FAPERTA UNILA - Bacabup Lampura Hamartoni dan Elvira Umihani (Foto Ist)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM -- Tim Formatur Musyawarah Besar (Mubes) V Ikatan Alumni Fakultas Pertanian Universitas Lampung (IKA Faperta Unila) akhirnya sepakat memilih Elvira Umihani sebagai ketua periode 2024-2027 di Aula Faperta, Minggu sore (21/7/2024).

Elvira Umihani adalah alumni angkatan 1991 Jurusan Sosial Ekonomi yang kini jadi kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Lampung. Sebelumnya, dia menjabat Kadis Perindag, dan Kepala Biro Perekonomian.

undefined

Dia mengucapkan terima kasih kepada para senior dan yunior yang telah memberikan kepercayaan kepadanya jadi ketua IKA Faperta Unila. Menurutnya, amanah ini merupakan tanggung jawab besar.

Beberapa hari sebelumnya, ada dua nama yang muncul, yakni Yondri dari Angkatan 2004 yang sudah membentuk timses dan mendapatkan dukungan angkatan muda sedangkan Abdul Hakim dari Angkatan 1972 sudah siap dengan visi dan misinya.

Namun, pas Hari H Mubes, muncul nama-nama selain Yondri dan Abdul Hakim, yakni Edi Karizal, Almuheri Ali Paksi, Elvira Umihani, Revi Akmal Putra, Chrisna Putra, Ahmad Zahri, dan M Kahfi Ramadan, Fahruri, Panca Putra Kurniawan, dan Catur Agus.

undefined

Revi mundur sebagai calon ketua menilai tak etis dirinya masuk sebagai tim formatur.

Tim Formatur Mubes V 2024: Yusronida Suralaga (Pengurus Pusat), Irwan Effendi (1968-1975)
Abdul Hakim (1976-1983), Elvira Umihani (1984-1991), Ahmad Zahri (1992-1999).,Fitra Al Farizi (2000-2007), Mandala Putra (2008-2018). 

Mubes Ke-V IKA Faperta Unila kali ini mengangkat tema "Kita Tingkat Peran Serta Alumni Dalam Pembangunan Pertanian Berkelanjutan". Ketua IKA Faperta Unila Hamartoni bersyukur Mubes IKA dapat terlaksana sebagai bentuk kebersamaan dan kekompakan alumni.

undefined

"Tentu saya selalu Ketua IKA sudah dapat teguran dari para senior untuk melaksanakan Mubes, guna generasi organisasi yang berkelanjutan," ungkap Hamartoni.

Hamartoni menegaskan, di Mubes kali ini kita sudah mempersiapkan baik teknis maupun non teknis, tidak hanya itu kami juga mempersilahkan di Mubes Faperta ini untuk memberikan ruang pemikiran untuk para Alumni Faperta dituangkan di Munes ini.

undefined

"Di Mubes Ke-V ini tentu untuk meneruskan naskoda baru kedepan, sehingga kedepan menghidupkan kembali forum silaturahmi antar alumni," ujar Hamartoni.

Lebih lanjut Hamartoni mengatakan, untuk mempersatukan Alumni yang sudah banyak lulus dari Pertanian Unila yang dapat memberikan kontribusi kepada kampus tercinta.

Sementara itu, Dewan Pakar IKA Faperta Unila Muhajir Utomo mengatakan, Alumni adalah indikator penting untuk melihat keberhasilan pembelajaran kita di kampus.

"Dari Alumni itulah kita dapat melihat kiprah Alumni di masyarakat, kalo dimasyarakat kurang berhasil jadi kita harus mengevaluasi lagi," jelas Muhajir Utomo.

Lebih lanjut Muhajir Utomo mengatakan, kita akan terus mengevaluasi proses pembelajaran. Tetapi Alumni kita semenjak 1968 sampai hari ini sudah banyak berkiprah di masyarakat.

"Alumni Pertanian tidak hanya di sektor Pertanian saja, tetapi Alumni kita merambah ke sektor Politik, Pemerintahan, hingga Akademisi ternama di Indonesia," urai Muhajir Utomo yang juga mantan Rektor Universitas Lampung.

Jadi artinya, proses pembelajaran kita hanya sektor Pertanian tetapi di lapangan banyak para Alumni yang berkembang, itulah ciri khas para Alumni kita semua.

"Saya berpesan untuk para peserta mubes kali ini, Alumni menjadi branding keberhasilan. Oleh karena itu penting Alumni memberikan kontribusi untuk kampus kita tercinta," tutupnya. (HBM/Wildan)