Helo Indonesia

Mengangkat Potensi Desa Wisata Nongkosawit Melalui Lensa Fotografi

18 jam 40 menit lalu
    Bagikan  
Mengangkat Potensi Desa Wisata Nongkosawit Melalui Lensa Fotografi

PELATIHAN: Seorang peserta pelatihan sedang membidik objek yang ada di Desa Wisata Nongkosawit. Foto: Dok

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM -Mahasiswa Ilmu Komunikasi Semester enam Universitas Semarang (USM), memberikan pelatihan fotografi di Desa Wisata Nongkosawit, Kecamatan Gunungpati, Semarang, pekan lalu. Kegiatan tersebut dihadiri Ketua Pengelola Desa Wisata Nongkosawit, Warsono.

Ketua Panitia, Yoseva Putri mengatakan, tujuan kegiatan tersebut untuk memotret aktivitas di lingkungan desa tersebut. Dengan objek aktivitas di lingkungan desa tersebut memudahkan peserta untuk membidik pose yang diinginkan.

''Desa Nongkosawit ini memiliki banyak hal yang dapat dipotensikan menjadi tempat wisata, seperti Omah Pang, Kampung Oshin, dan berbagai macam suvenir menarik yang dibuat dari tumbuhan sekitar. Selama ini kendalanya masyarakat setempat belum memahami penggunaan gadget,'' kata Yoseva.

Padahal, imbuh Yoseva, melalui fotografi yang menarik dan dipublikasikan melalui sosial media bisa membantu mempromosikan Desa Nongkosawit. Dengan potensi yang ada, objek yang menarik semakin nyata kondisi desa bisa semakin terkenal.

Contoh

''Kami menunjukkan contoh pengambilan foto dari berbagai sudut menarik di Desa Nongkosawit,'' ujarnya.

Menurutnya, ada tiga teknik yaitu portrait photography, commercial photography, dan travelling photography. Ketiga teknik tersebut saling berkaitan dan digunakan untuk mengabadikan momen saat warga beraktivitas, produk produk hasil kerajinan tangan warga serta spot foto yang aesthetic pada Omah pang.

Dia berharap, masyarakat lebih memahami potensi Desa Wisata Nongkosawit yang bisa dipromosaikan lewat media sosial. ''Para mahasiswa juga menjadi memiliki pengalaman berharga bisa membantu memaksimalkan potensi desa wisata yang belum terjamah keindahannya,'' ungkapnya.

Ketua Pengelola Desa Wisata Nongkosawit, Warsono mengatakan, pihaknya berterima kasih kepada mahasiswa USM yang telah membantu membagikan pengetahuan tentang fotografi.

''Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk membantu mempromosikan Desa Wisata Nongkosawit. Dari pemerintah sudah pernah ada pelatihan peningkatan SDM dan peningkatan kualitas infrastruktur, sekarang dari akademisi membantu mempromosikan,'' ungkap Warsono. (ADE)