Helo Indonesia

Pemprov Kalsel Kebut Pembangunan Tiga Proyek Senilai Rp 300 Miliar

Anang Fadhilah - Nasional -> Peristiwa
Sabtu, 13 Juli 2024 19:23
    Bagikan  
Tugu Nol Kilometer
Proyek Strategis

Tugu Nol Kilometer - proses pembangunan Tugu Nol Kilometer di Jalan Sudirman Banjarmasin. (ist/helokalsel)

BANJARBARU, HELOINDONESIA.COM - Tiga proyek strategis yang dikerjakan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kalsel di bidang Cipta Karya dipastikan akan selesai pada tahun 2024 ini. Proyek-proyek tersebut meliputi pembangunan Masjid Syech Muhammad Arsyad Al Banjari, Gelanggang Olahraga (GOR), dan Tugu 0 Km Banjarmasin.

Hal itu dibenarkan Kepala Dinas PUPR Kalsel Ahmad Solhan, ketika dihubungi Sabtu (13/7/2024). "Peresmian ketiga proyek ini direncanakan bertepatan dengan perayaan hari jadi ke-74 Provinsi Kalsel," katanya.

Kata Solhan, progres pengerjaan ketiga proyek tersebut sudah lebih dari 80 persen dan sesuai dengan jadwal kontrak. "Sesuai kontrak, ketiga proyek ini memang akan selesai pada Desember tahun 2024," tegasnya. 

Solhan berkata, untuk proyek pembangunan fisik GOR yang berada di kawasan perkantoran Gubernur Kalsel, sebenarnya sudah rampung, hanya menyisakan penambahan sarana prasarana seperti penanaman rumput gajah mini di sekitar bangunan, pemasangan lampu penerangan, kursi tribun, dan beberapa fasilitas lainnya.

"Saat ini sedang dikerjakan dan targetnya pada Agustus sudah bisa dipakai untuk pembukaan Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) yang akan dibuka di GOR tersebut," tambahnya.

Progres pembangunan Masjid Raya Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari hingga minggu ke-52 sudah mencapai 90,99 persen. "Bangunan utama dipastikan selesai dalam 5 minggu ke depan, hanya tinggal penyelesaian sarana dan prasarana masjid," jelasnya.

"Saat ini pekerjaan sudah memasuki tahap struktur, arsitektur, mekanikal, dan elektrikal, serta pengembangan situs.  Untuk pembangunan Tugu Nol Kilometer di Jalan Jenderal Sudirman, Banjarmasin mencapai 84,89 persen dan kini memasuki pembangunan tahap II," tutupnya.

Tiga proyek strategis yang digagas Gubernur Kalsel Sahbirin Noor yakni,

  1. Tugu Nol Kilometer memiliki tinggi 99 meter, dengan menara pandang mencapai 66 meter dianggarkan Rp 120 miliar lebih. Sumbernya berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanjaa Daerah (APBD).
  2. Masjid Raya Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari di kawasan Pusat Perkantoran Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dibangun di atas luasan lahan sekitar 11,5 hektare. Anggaran yang digelontorkan sebesar Rp 117 miliar rupiah.
  3. Pembangunan Gelanggang Olahraga (GOR) Indoor berlokasi di kawasan perkantoran Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan Kota Banjarbaru menelan dana Rp 64 miliar.

GOR bertaraf internasional digunakan untuk fasilitas berbagai cabang olahraga seperti sepak takraw, basket, bulu tangkis, tenis indoor, futsal hingga bela diri. Bisa menampung  sekitar 3 ribu orang.