Helo Indonesia

Mahasiswa Ilkom USM Gelar Seminar Masalah Gender di Kampung Jawi

Rabu, 10 Juli 2024 21:02
    Bagikan  
Mahasiswa Ilkom USM Gelar Seminar Masalah Gender di Kampung Jawi

DOKUMENTASI: Panitia dan peserta Seminar Masalah Gender mendokumentasikan kegiatan dengan foto bersama. Foto: Dok

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM -Mahasiswa Ilmu Komunikasi dari Universitas Semarang (USM) mengadakan Seminar Masalah Gender dengan tema ''Peran Perempuan dalam Upaya Regenerasi Pelestarian Kesenian dan Kebudayaan di Kampung Jawi'' di Kelurahan Sukorejo, RT 02, RW 01, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang, Jawa Tengah pada pekan lalu.

Kegiatan yang diikuti 40 peserta itu dilakukan untuk melaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat dalam Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Kegiatan ini dihadiri Kaprogdi Ilmu Komunikasi USM, Edi Nurwahyu Julianto SSos MIKom, Ketua MBKM Muzib Fahmi Bahroni dan Pengelola Kampung Jawi Siswanto.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber Pemerhati Masalah Gender, Diah Ariani SKom MIKom. Diah memberikan materi tentang Peran Perempuan dalam Upaya Regenerasi Pelestarian Kesenian dan Kebudayaan Tradisional.

Muzib mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk memberdayakan perempuan lokal sebagai penggerak utama dalam menjaga dan melestarikan warisan budaya.

Program

''Kegiatan ini merupakan bagian dari program Pengabdian kepada Masyarakat yang menjadi salah satu unggulan mahasiswa Ilmu Komunikasi USM,'' kata Muzib.

Kaprogdi Ilkom USM, Edi Nurwahyu Julianto, SSos MIKom berharap, kegiatan tersebut dapat memberikan dampak yang positif dan kontributif bagi pengembangan UMKM di Kelurahan Sukorejo.

''Para mahasiswa Ilmu Komunikasi USM berfokus mengangkat permasalahan gender supaya tidak ada lagi pembedaan peran, atribut, sifat, sikap dan perilaku yang tumbuh dan berkembang dalam masyarakat,'' ujarnya.

Selain itu, katanya, supaya tidak ada lagi tuntutan sosial tentang kepantasan dalam berperilaku, dan pada gilirannya hak-hak, sumber daya, dan kuasa. (ADE)