Helo Indonesia

Para Hakim MA RI Urunan Ringankan Korban Banjir di Sumbar

Nabila Putri - Nasional -> Peristiwa
Selasa, 9 Juli 2024 15:42
    Bagikan  
Para Hakim MA RI Urunan Ringankan Korban Banjir di Sumbar

Keluarga MA RI ketika menyampaikan bantuan buat warga korban banjir bandang (Foto Rls/Oki)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - Keluarga besar Mahkamah Agung (MA) RI kembali membantu warga korban banjir bandang di Kabupaten Tanah, Provinsi Sumatera Barat. Bantuan berupa biaya pendidikan, pembangunan kembali surau yang hanyut di Nagari Parambaan, Kecamatan Lima Kaum.

Ketua Kamar Tata Usaha Negara MA RI Prof. DR. H. Yulius, SH.MH bersama istri dan para hakim menyerahkan langsung bantuan tersebut kepada tokoh dan masyarakat setempat, Sabtu (6/7/2024).

"Keluarga besar MA RI turut prihatin atas musibah tersebut," kata Yulius lewat rilis yang diterima Helo Indonesia, Selasa (9/7/2024).

Mereka yang menyambut rombongan MA RI adalah Ketua PN Batusngkar Liena, SH.M.Hum; Bupati Tanah Datar Eka Putra didampingi istri; Forkopimda; pimpinan OPD; Camat; Wali Nagari Parambaan; Mantan Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma; dan ratusan masyarakat setempat.

Kepada Forkopimda dan warga setempat, Yulius mengungkapkan ingin membangun kembali Surau Tigo Batur yang hanyut dengan biaya yang berasal dari donasi para hakim Indonesia dan berkoordinasi dengan pimpinan daerah dan Wali Nagari.

Baca juga: Perumda Way Rilau Memberikan Diskon 20% Untuk Sambungan Rumah Tangga Di Tujuh Kecamatan Bandarlampung

"Alhamdulillah, hari ini kami hadir untuk meletakkan batu pertama pembangunan kembali surau ini, " ujarnya.

Menurutnya pembangunan Surau ini berdasarkan RAB menghabiskan biaya sekitar Rp 165 juta, ditambah untuk kelengkapan diantaranya karpet, sound system, taman dan lainnya dengan total Rp200 juta.

"Hari ini langsung kami serahkan biaya pembangun Surau Tigo Batua sebesar Rp 200 juta kepada Wali Nagari untuk langsung dibangun," sampainya.

Selain itu, katanya, MA juga membantu tabungan biaya pendidikan bagi anak korban banjir bandang sekitar 120 orang masing-masing menerima Rp 1 juta dan ditambah tas sekolah dan dari Dharmayukti Karini 50 pcs mukenah.

Tak hanya itu, Yulius juga membantu anak korban banjir yang hafiz yang hafal surat As Sajadah untuk di berangkatkan umroh dengan keluarga atas nama Ilyas Awalludin siswa kelas 8 MTsN 6 Batusangkar anak dari pasangan Awalludin dan Nuryasni.

Humas MA Marta Satria Putra menambahkan bahwa selain bantuan tersebut MA juga memberikan bantuan uang tunai kepada petani penggarap lahan di Nagari Baringin, Limo Kaum dan Nagari Cubadak yang terdampak bencana banjir bandang.

Baca juga: Wartawan Diminta Ikut Awasi Pilkada 2024

Bupati Eka Putra menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada keluarga besar MA RI dan Hakim Indonesia beserta jajaran yang sudah membantu warga Tanah Datar korban pasca banjir bandang.

"Insya Allah, surau ini nantinya akan dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat untuk salat berjamaah dan kegiatan keagamaan lainnya," ujarnya.

Eka juga berharap kepada masyarakat Nagari Parambahan khususnya warga Jorong Tigo Batur untuk senantiasa meramaikan Surau dengan melakukan solat berjamaah dan kegiatan keagamaan.

Senada, tokoh masyarakat setempat Miswardi Jalinus, atas nama seluruh warga Parambahan khususnya Jorong Tigo Batur, menyampaikan terima kasih kepada keluarga besar MA RI yang telah berniat untuk membangun kembali Surau Tigo Batur.

"Kami masyarakat Parambahan sangat gembira dan terharu MA RI membangun kembali surau yang telah berusia 30 tahun tersebut, semoga semua amal kebaikan dan ibadah kita diterima oleh Allah SWT dan Insya Allah kami akan memanfaatkan Surau ini dengan sebaik-baiknya, " pungkasnya. (Rls/Oki)