Helo Indonesia

Tingkatkan Kemampuan, Ratusan Pemadam Kebakaran Ikuti Diklat

Anang Fadhilah - Nasional -> Peristiwa
Senin, 8 Juli 2024 20:45
    Bagikan  
Diklat Damkar
In House Training

Diklat Damkar - Tingkatkan kemampuan petugas pemadam kebakaran Ikuti Diklat. (ist/helokalsel)

BANJARBARU, HELOINDONESIA.COM - Sebanyak 118 petugas Pemadam Kebakaran Daerah se-Kalsel mengikuti Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Pemadam Kebakaran Kualifikasi Pemadam 1 In House Training Tahun 2024, di Aula Lantai 3 BBPPKS Regional IV Kalimantan Banjarbaru, Senin (8/7/2024).

Kegiatan ini dibuka oleh Asisten Administrasi Umum Ahmad Bagiawan yang mewakili Gubernur Kalsel. Dalam arahannya, gubernur mengucapkan terima kasih serta memberikan apresiasi yang tinggi, khususnya kepada Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Provinsi Kalimantan Selatan, serta Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Banjar. Kegiatan ini merupakan kerja sama dengan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Surabaya dan Direktorat Manajemen Penanggulangan Bencana dan Kebakaran (MPBK) Kementerian Dalam Negeri RI.

Ia menuturkan bahwa upaya-upaya peningkatan kualitas dan kapasitas para aparatur pemadam kebakaran perlu terus dilakukan oleh para petugas penanggulangan kebakaran di Kalsel. "Saya berharap kegiatan ini bisa menjadi kesempatan yang baik untuk kita semua sebagai abdi masyarakat dalam rangka meningkatkan kinerja secara optimal, demi memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat apabila dibutuhkan," pungkasnya.

Kepala Sub Direktorat Standardisasi Tata Operasional dan Sumber Daya Manajemen Penanggulangan Kebakaran Direktorat Manajemen Penanggulangan Bencana dan Kebakaran (MPBK) Kementerian Dalam Negeri, Danang Insita Putra, S.T., M.Si, menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas kerja keras Pemprov Kalsel selama ini dalam menekan bencana karhutla. "Kegiatan Diklat yang bekerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri RI (Kemendagri) ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kapasitas para petugas damkar sehingga nantinya dapat membentuk karakter yang disiplin, kompeten, dan profesional," katanya.

Diketahui, kegiatan ini digelar dalam rangka menjalankan amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2009 tentang Standar Kualifikasi Aparatur Pemadam Kebakaran di Daerah. "Harapannya, setelah pendidikan ini teman-teman bisa memiliki kualifikasi yang sesuai dengan standar pemadam kebakaran dan penyelamatan yang ada di daerah," tuturnya.

Untuk diketahui, In House Training Diklat Pemadam Kebakaran Kualifikasi Diklat Pemadam I Tahun 2024 sendiri akan berlangsung dari tanggal 07-13 Juli 2024 yang diikuti sebanyak 118 peserta yang terdiri dari 100 laki-laki dan 18 perempuan se-Kalimantan Selatan.