Helo Indonesia

Empat Jemaah Haji Kendal yang Meninggal Dunia di Mekkah Berusia Lanjut

Kamis, 4 Juli 2024 19:36
    Bagikan  
Empat Jemaah Haji Kendal yang Meninggal Dunia di Mekkah Berusia Lanjut

KURSI RODA: Salah seorang jemaah haji kloter 39 Kabupaten Kendal, dibantu menggunakan kursi roda setiba di Kota Kendal. Foto: Anik

KENDAL, HELOINDONESIA.COM -Empat Jemaah haji asal Kabupaten Kendal meninggal di tanah suci Mekkah. Hal ini diungkapkan Sekda Kendal, Sugiono usai menyambut kepulangan jemaah haji yang tiba di Pendopo Tumenggung Bahurekso  Kabupaten Kendal, Kamis (4/7/2024).

"Dari empat yang meninggal itu dari usia rata-rata sudah berusia 80 tahun, atau berusia lanjut. Kalau pas berangkat kondisinya sehat," ujarnya.

Ia menambahkan, ada sejumlah jemaah haji yang mengalami sakit saat tiba di Kendal, namun langsung ditangani dan dibawa menggunakan mobil ambulan untuk mendapatkan perawatan di rumah sakit di Kabupaten Kendal.

"Contoh tadi yang ikut kloter 39 ada yang tidak ikut bis tapi langsung dibawa ambulan ada empat orang. Begitu turun dari bandara kita cek kesehatan lagi manakala yang perlu perawatan dan pengawalan kesehatan kita pakai ambulan," tandasnya.

Cuaca Panas

Salah seorang jemaah haji asal Kendal, Abdul Hanif mengaku bersyukur sudah dapat melaksanakan ibadah haji di tanah suci dengan lancar meski ditengah cuaca yang menurutnya sangat panas.

"Alhamdulillah cuaca sangat panas. Bahkan para jemaah memgalami batuk hingga hidungnya berdarah. Tetapi tim kesehatan aktif memberikan obat dan penyuluhan. Alhamdulillah semua diberi kelancaran. Semoga tahun depan lebih baik lagi," terangnya.

Sementara, H Sofyan Ahmad Ketua KBIHU NU Makkah Madinah mengungkapkan ada salah satu jemaahnya yang mengalami sakit dan langsung dibawa ambulan menuju RSI Kendal untuk mendapatkan perawatan. "Kondisinya sudah membaik. Hanya kondisi perjalanan jauh dan sudah usia lanjut jadi ngedrop kecapekan," katanya.(Anik).