Helo Indonesia

Jelang Pilkada, Bawaslu Tubaba Gelar Pencanangan Tiyuh Partisipatif

Nabila Putri - Nasional -> Peristiwa
Kamis, 4 Juli 2024 17:38
    Bagikan  
Jelang Pilkada, Bawaslu Tubaba Gelar Pencanangan Tiyuh Partisipatif

Ketua Bawaslu Tubaba saat menyampaikan materi (Foto Rohman/Helo Indonesia Lampung)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung, mengajak masyarakat bersama-sama untuk mengawasi tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024 agar tercipta pilkada yang jujur, adil dan transparan.

Hal itu diutarakan oleh Ketua Bawaslu Tubaba, Agustomi saat sosialisasi
Pencanangan Tiyuh Pengawasan Partisipatif " Pemilihan Jujur Rakyat Makmur" Cegah Kecurangan Laporkan Pelanggaran, bersama rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu.

Baca juga: Nasdem Anggap Tak Luar Biasa Arinal Dapat Rekom

Kegiatan tersebut berlangsung di Tiyuh (Desa) Kagungan Ratu, Kecamatan Tulangbawang Udik (TBU), Kabupaten Tubaba, Kamis (04/07/2024).

"Ini merupakan bentuk komitmen untuk bawaslu bersama masyarakat, dalam mengawasi proses pilkada tahun 2024, supaya dapat berjalan dengan jurdil tanpa kecurangan atau pelanggaran," kata Agustomi.

Lanjut dia, pengawasan ini kalau bawaslu sendiri yang bekerja, maka akan banyak celah kesalahan, tetapi jika dilakukan bersama dalam proses pelaksanaan, pasti dapat lebih berjalan dengan lancar dan sukses.

Selain itu, dijelaskan nya, kegiatan hari ini bertujuan untuk memacu masyarakat, bahwa masyarakat dapat tugas dalam pengawasan partisipatif, minimal di lingkungan keluarga. Jangan takut untuk melaporkan kecurangan.

"Saya berharap peserta sosialisasi hari ini dapat memberikan pemahaman kepada seluruh masyarakat tentang pentingnya menjadi pengawas partisipatif dan menjaga integritas. Serta mampu menyebarkan pemahaman ini ke masyarakat luas,”harapannya.

Sementara itu, dikatakan Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik, Untung Budiono, bahwa Ini menjadi momentum yang strategis untuk 100 Tiyuh dan 3 Kelurahan di Tubaba.

Ini tidak hanya terwujud di lokasi yang menjadi tempat pengawasan saja, tetapi harus terwujud juga di seluruh tiyuh, supaya semua tiyuh dapat melaksanakan target partisipatif. " Saya berharap kegiatan ini dapat berjalan dengan sukses dan mencapai target, dan kami dari Pemerintah Daerah mendukung penuh kegiatan ini hingga mencapai target yang sukses,”Imbuhnya (Rohman).