Helo Indonesia

Bupati Dendi Gercep Bantu Korban Puting Beliung di Purworejo Negerikaton

Nabila Putri - Nasional -> Peristiwa
Kamis, 4 Juli 2024 16:43
    Bagikan  
Negerikaton korban puting beliung/Foto: Rama

Negerikaton korban puting beliung/Foto: Rama - Bupati Dendi mendatangi warga Desa Purworejo Kecamatan Negerikaton korban puting beliung/Foto: Rama

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona gerak cepat membantu warga Desa Purworejo Kecamatan Negerikaton yang terdampak angin puting beliung.

Peristiwa angin puting beliung tersebut terjadi pada Rabu (3/7/2024) sekitar pukul 16:00 wib, yang mengakibatkan belasan rumah warga mengalami kerusakan berat.

undefinedDendi mengatakan, bahwa pihaknya telah mendata para korban dan rumah yang mengalami kerusakan, dan akan segera dibantu untuk perbaikannya, serta ada satu rumah warga yang akan dilakukan bedah rumah, karena kondisi rumah sudah tidak layak huni.

Baca juga: Bupati Demak Lepas Kontingen FORMI ke Forda Jateng 2024, Berharap Raih Prestasi Gemilang

"Namun saya sangat mengapresiasi masyarakat Desa Purworejo yang sangat kompak untuk bergotong royong membantu para korban dalam perbaikan rumah rusak tersebut," kata Dendi, Kamis (4/7/2024).

Dijelaskan, untuk bantuan dari Pemkab Pesawaran melalui BPBD sudah disalurkan semua, berupa makanan siap saji, bet tempat tidur, terpal, mie instan, obat-obatan, asbes, dan dari Dinas Sosial Pesawaran ada bantuan berupa beras dan makanan untuk dapur umum.

"Bantuan ini kami harap bisa bermanfaat dan dimanfaatkan dengan sebaik mungkin oleh masyarakat yang terdampak peristiwa angin puting beliung," ujarnya.

Ia menuturkan, saat ini ada bentuk perubahan iklim, dan tadi pihaknya dalam rakor sudah membahas terkait perubahan dan dampak iklim saat ini.

"Memang ada perubahan-perubahan cuaca ekstrim yang terjadi saat ini dan itu harus kita antisipasi bersama," jelasnya.

"Kemudian untuk para warga yang tinggal dekat persawahan dan lapangan untuk terus antisipasi apabila terjadi cuaca ekstrem. Namun kita berdoa bersama-sama agar peristiwa seperti ini tidak terjadi lagi," pungkasnya.

Diketahui, akibat peristiwa angin puting beliung tersebut, terdapat tujuh rumah yang mengalami kerusakan parah, enam rusak sedang dan empat rusak ringan, serta ada dua korban yang mengalami luka di bagian kepala dan tangan dan telah ditangani oleh pihak kesehatan, kemudian ada warga yang mengalami kerusakan kendaraan saat berteduh. (Rama)