Helo Indonesia

Jelang Pilkada, Pembuatan e-KTP Meningkat di Kalangan Remaja

Herman Batin Mangku - Nasional -> Peristiwa
Kamis, 27 Juni 2024 21:23
    Bagikan  
PESAWARAN
Helo Lampung

PESAWARAN - Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Pesawaran Tommi Fernando/Foto: Rama

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - Sejak bulan Mei hingga Juni 2024, jumlah masyarakat yang membuat e-KTP di Kabupaten Pesawaran mengalami peningkatan.

Peningkatan tersebut terjadi menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024, dan pembuatan e-KTP didominasi oleh pelajar.

Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Pemkab Pesawaran Tommi Fernando mengatakan, dalam menghadapi peningkatan pembuatan e-KTP tersebut, Disdukcapil Pesawaran telah memastikan blanko E-KTP cukup.

"Ya kalau kita lihat peningkatan ini di didominasi oleh para pelajar yang mau melakukan pencoblosan menjelang Pilkada serentak 2024," kata, Tommi di ruang kerjanya, Kamis (27/6/2024).

Menurutnya, dalam satu hari pembuatan e-KTP mencapai 250 keping, dan pada Januari 2024 pembuatan e-KTP mencapai 4919 keping. Lalu pada Februari 3350, Maret 2321, April 2745, Mei 3720 serta Juni 2569 keping.

"Jadi untuk para pelajar yang ingin membuat KTP bisa datang langsung ke kantor Disdukcapil, dan pembuat datang dengan membawa fotokopi Kartu Keluarga (KK) kemudian mendaftar ke loket baru dilakukan perekaman," ujarnya.

Dijelaskannya, dalam pembuatan KTP hanya memakan waktu satu hari saja, tidak memakan waktu yang lama.

"Pembuatan KTP oleh pelajar yang belum memiliki KTP ini tidak perlu didampingi oleh orang tua atau pendamping, hanya perlu datang langsung dengan membawa berkas-berkasnya," kata dia.

Tommi mengungkapkan, persiapan Disdukcapil Pesawaran dalam menghadapi lonjakan pembuatan KTP adalah dengan memastikan bahwa peralatan perekaman, pencetakan dlm kondisi prima.

"Kemudian, memastikan ketersediaan blanko KTP dalam kondisi cukup, lalu, memastikan pegawai kami tetap profesional melayani masyarakat," ungkapnya.

Ia berharap, untuk masyarakat Kabupaten Pesawaran khususnya agar dapat lebih sadar terhadap pentingnya urusan administrasi kependudukan.

"Jika sudah bisa membuat KTP harus segera, sehingga tidak menunda-nunda pengurusan adminduk," pungkasnya. (Rama)

 -