Helo Indonesia

Bersinergi dengan Pemkab Demak, TP PKK Berperan Penting dalam Membangun Daerah

Selasa, 25 Juni 2024 16:37
    Bagikan  
Bersinergi dengan Pemkab Demak, TP PKK Berperan Penting dalam  Membangun Daerah

Bupati Demak dr Hj Eistianah didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Demak Hj Khadijah Ali Makhsun dan jajaran pengurus, saat memotong tumpeng menandai perayaan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-52 Tingkat Kabupaten Demak. Foto : Jati

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Wujud komitmen meningkatkan kesejahteraan keluarga, tak heran jika kegiatan TP PKK begitu banyaknya. Bahkan karena komitmen tersebut, Bupati Demak dr Hj Eisti'anah SE mengarahkan agar kegiatan PKK pun disinergikan dengan program-program pemerintah kabupaten, sehingga kaum ibu tersebut turut berperan serta dalam pembangunan daerah.

Di sela kegiatan Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-52 Tingkat Kabupaten Demak, Bupati Eisti'anah menuturkan, dalam setiap kegiatan perlu adanya evaluasi dan perencanaan yang matang agar tujuan tercapai. Begitupun TP PKK yang tak hanya menarget kesejahteraan keluarga khususnya, namun juga kesejahteraan masyarakat pada umumnya.

Baca juga: SJI di Semarang, Ketum PWI Pusat Ingatkan Wartawan untuk Kritis dan Berwawasan Kebangsaan

"Maka itu kami senantiasa mendukung ibu-ibu PKK agar menjadi pelopor wanita mandiri dan kreatif. Antara lain dengan mengambil peluang sekecil apapun untuk memajukan diri dan mensejahterakan keluarga. Sekaligus berkontribusi pada pembangunan daerah dalam arti luas," kata bupati, Selasa 25 Juni 2024.

Terbukti berkat keterlibatan dan sinergitas TP PKK pula, angka stunting di Kabupaten Demak berhasil turun signifikan. Terlihat dari kasus stunting yang pada 2021 masih pada angka 25 persen lebih, menjadi 16,4 persen pada 2022 sehingga berada pada peringkat 2 terendah setalah Kota Semarang. Serta turun lagi menjadi sekitar 9 persen pada 2023, tercatat sebagai daerah dengan angka stunting terendah di Jawa Tengah.

"Capaian terbaik ini tentunya tidak boleh berhenti. Namun harus dipertahankan bahkan semakin ditekan hingga semakin turun menjadi zero stunting. Untuk itu perlu sinergitas banyak pihak, termasuk TP PKK Kabupaten Demak," kata bupati.

Baca juga: USM Bersama Peradi Kendal Didik Calon Advokat

Acara yang dihadiri pula oleh Wabup KH Ali Makhsun sebagai narasumber dalam talkshow bertema 'Menurunkan Stunting dengan Hati' itu pun ditutup Bupati Eisti'anah dengan pantun.
"Makan bakso pakai saos tomat. Biar segar menimunya jus alpokat. Ibu-ibu PKK yang terhebat. Dalam mensejahterakan keluarga dan masyarakat,'' tandasnya. (Jati)