Helo Indonesia

Mampu Kendalikan Diri dan Fokus, Adalah Filosofi Penembak Jitu

Aris Mohpian Pumuka - Nasional -> Peristiwa
Selasa, 25 Juni 2024 15:32
    Bagikan  
Lomba Menembak
Ist

Lomba Menembak - Kepolisian menggelar acara lomba menembak, yang memperebutkan hadiah Kapolda Cup 2024.

TANGERANG SELATAN, HELOINDONESIA.COM - Main tembak-tembakkan terus dapat hadiah, manfaat lainnya peserta makin mahir membidikkan senjata ke sasaran serta mampu mengendalikan diri. 

Begitulah. Hari ini, guna menyemarakkan Hari Bhayangkara Ke-78, Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya menggelar acara lomba menembak memperebutkan hadiah "Kapolda Cup 2024" di Tangerang Selatan, Banten. 

Lombanya sendiri dilaksanakan di Lapangan Tembak Batalyon C Satbrimob Polda Metro Jaya, Ciputat, Tangerang Selatan, pada Selasa (25/6/2024) pagi. 

Kegiatan lomba dibuka langsung Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto, dan dihadiri oleh Para Pejabat Utama dan Kapolres Jajaran Polda Metro Jaya.

Baca juga: Polri Komitmen Membangun Fasilitas Air Bersih Guna Menanggulangi Krisis Air Bersih Serta Menjaga Kesehatan Warga

“Semoga dengan pelaksanaan kegiatan perlombaan menembak ini, menjadi salah satu kegiatan penyemangat Polri dalam memeperingati dan menyambut Hari Bhayangkara Ke-78 ,” kata Karyoto kepada wartawan. 

Kegiatan lomba ini, menurut Karyoto, untuk meningkatkan kemampuan individu dalam mengasah kemahiran menembak. Sekaligus menjalin silaturahmi serta soliditas sesama personel Polda Metro Jaya.

Menembak, lanjutnya, merupakan olahraga yang memiliki banyak filosofi. Di antaranya ketenangan, fokus konsentrasi, disiplin pengendalian diri, ketepatan dan kecepatan dalam mengambil keputusan.

Sebagai insan Bhayangkara, Karyoto menekankan beberapa hal yang harus dipedomani dan dilaksanakan bagi para peserta atau penembak.

Baca juga: Mendagri Resmi Lantik Penjabat Gubernur Sumatera Utara, Sumatera Selatan, dan Nusa Tenggara Barat

“Pertama, pertandingan ini sebaiknya dilaksanakan dengan tetap memperhatikan keamanan dan keselamatan para petembak. Kedua taati peraturan dan disiplin yang tinggi dalam perlombaan, serta mematuhi tata tertib sesuai dengan aturan menembak yang berlaku,” tuturnya.

Ketiga, katanya, junjung tinggi sportifitas dengan semangat kebersamaan serta solidaritas antar anggota Polda Metro Jaya. 

Diketahui, bahwa lomba tersebut diikuti sebanyak 391 penembak dari 34 Satuan Kerja dan Satuan Kewilayahan jajaran Polda Metro Jaya dengan kategori sbb :
1. Pistol Eksekutif 20 Meter Standart Beregu Polki
2. Pistol Eksekutif 20 Meter Standart Beregu Polwan
3. Dueling plate pistol Pamen /Pama 17 meter dan
4. Dueling Pamen 20 Meter MPX