Helo Indonesia

Presiden Jokowi Berikan Sapi Kurban untuk Warga Martapura

Anang Fadhilah - Nasional -> Peristiwa
Minggu, 16 Juni 2024 16:43
    Bagikan  
Sapi Bantuan Presiden RI
Sapi Kurban

Sapi Bantuan Presiden RI - Sapi limousin dari Presiden Joko Widodo disalurkan Gubernur H Sahbirin Noor kepada Pengurus Masjid Al- Karomah Martapura. (ist/helokalsel)

MARTAPURA, HELOINDONESIA.COM - Dinas Peternakan dan Perkebunan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan menyerahkan bantuan dari Presiden RI berupa seekor sapi jenis Brahmana-Limousine seberat sekitar 1.080 Kg atau 1 Ton 80 Kg.

Sapi tersebut diserahkan dalam rangka Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah/2024 M dan secara langsung diberikan oleh Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor kepada Bendahara Masjid Agung Al Karomah Martapura H Abdurrahman, yang biasa dipanggil Antung Aman, di halaman masjid tersebut pada Minggu (16/6/2024).

Penyerahan ini ditandai dengan penandatanganan berita acara, diikuti dengan pelepasan petugas hewan kurban tahun 2024. Acara ini juga disaksikan oleh Ketua TP PKK Provinsi Kalsel Hj Raudhatul Jannah Sahbirin Noor, Ketua DPRD Provinsi Kalsel Supian HK, Kepala Dinas terkait, Plh Asisten Pemerintahan dan Kesra Zulyadaini, serta pengurus Masjid Agung Al Karomah Martapura.

Gubernur Kalsel mengungkapkan bahwa setiap tahun, Presiden RI Joko Widodo selalu memberikan hewan kurban kepada seluruh provinsi di Indonesia, yang kemudian disalurkan ke kabupaten/kota. Setelah melalui pemeriksaan kesehatan, hewan kurban ini dinyatakan bebas dari penyakit mulut dan kuku (PMK).

"Dengan ini saya serahkan sapi kurban bantuan Presiden Jokowi untuk disembelih pada saat Idul Adha dan dibagikan kepada warga sekitar," ujarnya.

Di sisi lain, Bendahara Masjid Agung Al Karomah Martapura, Gusti Abdurrahman, mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diterima dan akan mendistribusikannya dengan pembagian kupon yang merata.

"Insyaallah satu hari setelah Idul Adha 1445 H, kami akan melakukan pemotongan hewan kurban. Dengan bantuan seekor sapi dari presiden, total sapi kurban mencapai 39 ekor. Pembagian kupon akan kami serahkan kepada koordinator wilayah masing-masing dan warga sekitar masjid. Kami pastikan daging kurban ini akan dibagikan kepada warga yang membutuhkan," tutupnya.