Helo Indonesia

Pastikan Kesehatan Hewan Kurban, Dispertan Kendal Lakukan Pengecekan

Sabtu, 15 Juni 2024 20:20
    Bagikan  
Pastikan Kesehatan Hewan Kurban, Dispertan Kendal Lakukan Pengecekan

Petugas kesehatan Dispertan Kendal tengah memeriksa kondisi hewan ternak sapi di salah satu pengepul di Kendal. Foto: Anik

KENDAL, HELOINDONESIA.COM - Guna memastikan kesehatan hewan ternak yang akan dijadikan kurban pada Hari Raya Idul Adha 2024, Dinas Pertanian dan Pangan (Dispertan) Kabupaten Kendal rutin melaksanakan pemantaua ke penjual hewan kurban di Kabupaten Kendal.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kendal, Puji Yuwono mengatakan, pengecekan menjadi hal yang penting dilakukan terutama menjelang Hari Raya Kurban,

"Ini memang kegiatan yang kami laksanakan secara rutin menjelang Idul Adha 2024, kami rutin lakukan pengawasan kondisi hewan kurban. Kita melakukan pengecekan kepada hewan dari peternak, pedagang maupun pengepul untuk mengetahui kesehatan dari hewan yang akan dijual," tutur Puji, dalam keterangannya Sabtu 15 Juni 2024.

Baca juga: PB Djarum Berjaya di Graha Padma Walikota Cup 2024, Ini Mimpi Juara Ganda Pemula Putri Fidzah/Aqela

Puji juga mengimbau kepada pedagang yang akan mendatangkan hewan dari luar daerah Kendal, harus meminta surat kesehatan hewan tersebut. Sehingga jika nanti sampai di Kendal tidak menularkan penyakit ke hewan lainnya.

"Karena itu sangat penting sekali, dengan meminta surat kesehatan bisa dipastikan hewan itu sehat, dan tidak menularkan penyakit kepada hewan yang ada di Kendal," imbaunya.

Sebelumnya, Kepala Dispertan Kendal, Pandu Rapriat Rogojati mengatakan, pemantauan meliputi pemeriksaan berkala yang dilakukan oleh 67 petugas kesehatan hewan yang terdiri dari dokter hewan, tenaga medik dan paramedik paling lama satu minggu sekali.  

"Kami lakukan pantauan rutin ke penampungan-penampungan. Karena satu penampungan itu banyak sekali bisa sampai 50 sampai 70 ekor. Kita lakukan pemeriksaan secara berkala paling tidak satu minggu sekali," bebernya. (Anik)