Helo Indonesia

Peringati Hari Donor Darah Sedunia, PMI Demak Diserbu Pendonor

Jumat, 14 Juni 2024 19:53
    Bagikan  
Peringati Hari Donor Darah Sedunia, PMI Demak Diserbu Pendonor

Petugas UTD PMI Kabupaten Demak saat melayani pengambilan darah dalam rangka memperingati Hari Donor Darah Sedunia 2024. Foto : sari jati

DEMAK, HELOINDONESIA.COM - Ada yang berbeda di Gedung Markas PMI Kabupaten Demak, Jumat 14 Juni 2024. Puluhan pendonor darah dengan sukarela sejak pukul 08.00 hingga menjelang Ashar, silih berganti menyumbangkan darah mereka dengan spirit kemanusiaan.

Ya. Aksi donor darah istimewa kali ini digelar PMI Kabupaten Demak dalam rangka Hari Donor Darah Sedunia 2024 yang rutin diperingati setiap 14 Juni. Mayoritas mereka yang datang berdonor darah adalah masyarakat umum, yang telah rutin memberikan sekantung darah mereka untuk menyelamatkan nyawa orang lain atas nama kemanusiaan.

Baca juga: Pakar Politik Undip Sebut Bambang Pacul Pilihan Bagus dari PDIP untuk Bertarung di Pilkada Jateng

Kepala Unit Donor Darah PMI Kabupaten Demak, dr H Ribekan MKes menjelaskan, kegiatan donor darah dalam rangka memperingati Hari Donor Darah Sedunia yang ke-20 ini mengusung tema ’Merayakan Memberi : Terima Kasih Pendonor Darah’.

"Makna tema tersebut adalah ungkapan terima kasih dan menghargai jutaan pendonor darah sukarela yang telah berkontribusi terhadap keselamatan, kesehatan dan kesejahteraan jutaan orang di seluruh dunia," tuturnya.

Memenuhi Syarat

Donor darah sukarela tersebut terbuka untuk umum, tentunya setelah memenuhi syarat. Adapun syarat yang dimaksud antara lain usia minimal 17 tahun dan maksimal 60 tahun. Berat badan minimal 50 kg. Sehat jasmani dan rohani.

Baca juga: Kampanye Ngenal Tengker di Kota Lama oleh Mahasiswa Ilkom USM Diserbu Pengunjung

"Selain itu tidak sedang mengonsumsi obat, serta tidak menderita penyakit menular. Seperti Hepatitis dan Syphilis. Di samping pula wanita yang tidak sedang hamil, menyusui, atau menstruasi," imbuhnya.

Melalui aksi kemanusiaan memeringati Hari Donor Darah Sedunia tersebut diharapkan dapat memenuhi target sebanyak 100 pendonor. Sebagai ucapan terimakasih, disediakan souvenir menarik bagi pendonor yang berhasil diambil darahnya. (Jati)