bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Anak Muda Lampung Diberi Amanah Jadi Deputi Setjen KPU RI

Herman Batin Mangku - Nasional -> Peristiwa
Senin, 10 Juni 2024 22:49
    Bagikan  
KPU RI
Helo Lampung

KPU RI - Mashur Sampurna Jaya, S.STP, MSi

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM -- Kebanggaan bagi masyarakat Lampung, Mashur Sampurna Jaya, S.STP, MSi terpilih jadi kepala Biro Perencanaan dan Organisasi, pada Deputi Bidang Administrasi, Sekretariat Jenderal (Setjen) KPU RI. N 

Lebih membanggakan lagi, Mantan Sekretaris Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lampung itu, juga pemegang rekor sekretaris KPU Provinsi termuda se-Indonesia. Anak muda kelahiran Kota Metro berusia 42 tahun, 4 Juni 1982.

Lewat warta Ketua KPU Provinsi Lampung Erwan Bustami, Sabtu (8/6/2024), segenap keluarga besar KPU Provinsi Lampung mengucapkan selamat dan sukses atas dilantiknya Mashur Sampurna Jaya sebagai Setjen DPR RI.

"Terima kasih atas dedikasi, pengabdiannya, selama menjabat sebagai Sekretaris KPU Provinsi Lampung. Semoga semakin sukses dan amanah dalam menjalankan tugas yang baru dengan penuh tanggung jawab," khatur Erwan Bustami, seperti dipancarluaskan oleh admin ofisial media sosial KPU setempat.

Mashur Sampurna Jaya, pria low profile ini sebelumnya resmi berkantor di Jalan Gajah Mada Nomor 87, Kelurahan Tanjung Agung Raya, Kecamatan Kedamaian, Bandarlampung usai resmi dilantik sebagai Sekretaris KPU Provinsi Lampung, di Aula Kantor KPU Provinsi Lampung, pada Rabu, 14 Juli 2021 silam.

Tergolong eselon II A, selain itu juga anggota Tim Pembina Pengelola Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) KPU setempat, Mashur Sampurna Jaya pengganti pejabat sebelum, Sekretaris KPU Provinsi Lampung 2015-2021 Gunawan Riadi yang dilantik Sekjen KPU RI Arif Rahman Hakim berdasar SK Sekjen KPU Nomor 271/Kpts/Setjen/2015 tertarikh hari pelantikan Kamis 30 April 2015.

Bagi Mashur, boleh jadi kabar promosi jabatan mentereng tersebut sekaligus kado ultah dia. Seperti diketahui, Mashur yang berasal dari dan berdomisili awal di Jl Raya Bumi Tinggi Nomor 26 Desa Bumi Tinggi, Kecamatan Bumi Agung, Kabupaten Lampung Timur; ini lahir di Metro, 4 Juni 1982. Genap usia 42, tahun ini.

Mashur merupakan alumnus SDN 6 Sukadana, Lampung Timur; SMPN 1 Metro, SMAN 2 Bandarlampung, S1 STPDN Jatinangor dan terakhir MAPD IPDN Jatinangor lulusan 2007.

Merujuk beleid UU 7/2017 tentang Pemilu, Perpres 105/2018 tentang Kedudukan, Tugas, Fungsi, Wewenang, Organisasi, dan Tata Kerja Setjen KPU, KPU Provinsi, KPU Kabupaten/Kota; Peraturan KPU (PKPU) 8/2019 jo PKPU 3/2020 tentang Tata Kerja KPU, KPU Provinsi, KPU Kabupaten/Kota; serta PKPU 14/2020 tentang Tugas, Fungsi, Susunan Organisasi, dan Tata Kerja Setjen KPU, Sekretariat KPU Provinsi, Sekretariat KPU Kabupaten/Kota.

Mashur selaku Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi; bakal bertugas bersama para kepala Biro Keuangan dan Barang Milik Negara; Biro Umum; Biro SDM, empat Biro Kedeputian Bidang Administrasi Setjen KPU.

Sesuai Pasal 12 PKPU 14/2020, Mashur bakal bertugas memimpin Biro ini melaksanakan
koordinasi rencana program dan anggaran, fasilitasi administrasi kerja sama, monitoring, evaluasi, pelaporan, dan kinerja, serta organisasi dan tata laksana di lingkungan KPU.

Sesuai Pasal 13, Biro Perencanaan dan Organisasi bertugas sebagaimana dimaksud Pasal 12, menyelenggarakan fungsi pelaksanaan koordinasi dan pengelolaan rencana program dan anggaran di lingkungan KPU; pelaksanaan dan koordinasi fasilitasi administrasi kerja sama di lingkungan KPU; penyusunan, penataan, dan pengelolaan organisasi dan tata laksana di lingkungan KPU; monitoring, evaluasi, dan pelaporan kinerja KPU; koordinasi dan pembinaan terhadap pelaksanaan tugas di bidang perencanaan dan organisasi di lingkungan
Sekretariat Jenderal KPU, Sekretariat KPU Provinsi, Sekretariat KPU Kabupaten/Kota; dan , pelaksanaan urusan tata usaha biro.

Sesuai Pasal 14, Biro Perencanaan dan Organisasi terdiri atas Bagian Program dan Anggaran; Bagian Fasilitasi Administrasi Kerja Sama; Bagian Monitoring, Evaluasi, dan Pelaporan; Bagian Organisasi dan Tata Laksana; dan , Kelompok JF.

Bukan kaleng-kaleng, Mashur Sampurna Jaya si anak Sukadana kebanggaan Lampung ini dinilai layak dan mumpuni emban amanat itu.

Selamat bertugas di kantor yang baru, kantor KPU RI, Jl Imam Bonjol 29, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Bro Mashur Sampurna Jaya. (Muzzamil)

 - 

Tags