Helo Indonesia

Keterbukaan Informasi Pemerintah: Solusi Menuju Indonesia Emas 2045

Anang Fadhilah - Nasional -> Peristiwa
Senin, 10 Juni 2024 18:17
    Bagikan  
Rakornas Komisi Informasi
Banjarmasin

Rakornas Komisi Informasi - Ketua PWI Pusat saat menjadi pembicara Seminar Nasional Rakornas KI Ke-15 2024, di Banjarmasin. (ist/heloindonesia)

HELOINDONESIA.COM - Arya Sandhiyudha, Wakil Ketua Komisi Informasi Pusat, menggarisbawahi pentingnya keterbukaan pemerintah sebagai kunci bagi Indonesia dalam mencapai visi Indonesia Emas 2045. "Pemerintah Terbuka merupakan solusi bagi tantangan demografi dan digitalisasi yang menghadang perjalanan menuju Indonesia Emas 2045," ujar Arya dalam sambutannya pada Senin (10/6/2024) di Banjarmasin, saat membuka Seminar Nasional dengan tema "Urgensi Pemerintah Terbuka Menyongsong Indonesia Emas".

Arya menegaskan bahwa tema keterbukaan informasi publik sering kali berkaitan dengan konsep pemerintahan terbuka atau open government. Konsep ini merupakan salah satu dari tiga tantangan yang harus dijawab oleh negara dan bangsa, dan menjadi fokus peran Komisi Informasi.

Dalam konteks tata kelola pemerintahan terbuka, Arya menyoroti tantangan dalam mematangkan prinsip-prinsip yang terkandung di dalamnya. "Prinsip transparansi, akuntabilitas, dan partisipasi yang menjadi landasan Komisi Informasi adalah bagaimana membuka akses informasi secara luas, memastikan pertanggungjawaban, serta melibatkan partisipasi publik dalam pengambilan kebijakan," jelasnya.

Dia menambahkan bahwa sebagai negara demokrasi, Indonesia dihadapkan pada tantangan untuk menjalankan peran keterbukaan informasi publik dalam format pemerintahan terbuka.

Meskipun demikian, hasil Indeks Keterbukaan Informasi Publik (IKIP) yang diterbitkan oleh Komisi Informasi Pusat menunjukkan kemajuan signifikan dalam memperkuat keterbukaan informasi di Indonesia. Meskipun masih terdapat tantangan dalam implementasi dan penegakan regulasi, skor IKIP Nasional tahun 2021 - 2023 menunjukkan peningkatan dalam pemberian akses informasi publik kepada masyarakat.

Seminar Nasional ini menjadi awal dari rangkaian acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) KI Se-Indonesia Ke-15 yang berlangsung dari tanggal 10 hingga 13 Juni 2024 di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Selain seminar, acara tersebut juga mencakup Diskusi Publik dan Rapat Pleno KI Seluruh Indonesia.