bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Berniat Berenang Dua Remaja Meninggal di Kolam Regency Banjarbaru

Anang Fadhilah - Nasional -> Peristiwa
Sabtu, 8 Juni 2024 17:22
    Bagikan  
Kolam Perumahan
Dua Remaja Meninggal

Kolam Perumahan - lokasi meninggalnya dua remaja di kolam Perumahan Regency Banjarbaru. (ist/heloindonesia)

HELOINDONESIA.COM - Dua remaja berusia 14 tahun Hasan dan Abdillah warga Jalan Cempaka Banjarbaru Kalsel, ditemukan tewas di kolam renang umum di Lambung Mangkurat Regency Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Sabtu (8/6/2024).

Menurut Kepala Unit Urusan Inafis Polres Banjarbaru, Bripka Aulia Rahman, kedua remaja itu meninggal karena tenggelam di kolam renang karena mereka tidak bisa berenang.

"Aulia menyatakan bahwa kedua korban memiliki hubungan keluarga," kata Aulia Sabtu (8/6/2024).

Aulia mengatakan bahwa orang tua korban melaporkan insiden tersebut kepada petugas Polres Banjarbaru. Mereka mengatakan bahwa kedua korban pulang ke rumah untuk mengganti seragam sekolah setelah pulang sekolah.

"Kedua remaja itu meninggalkan rumah tanpa izin setelah pulang sekolah hanya untuk mengganti seragam dan pergi," kata Aulia Rahman.

Dari hasil identifikasi, tidak ada luka atau tanda kekerasan pada kedua korban. Inafis Polres Banjarbaru memastikan bahwa kematian korban disebabkan oleh tenggelam.

Saat ini, kedua korban telah dibawa ke rumah duka.

"Keluarga tidak mengizinkan autopsi dan kedua jenazah telah dibawa ke rumah duka untuk dimakamkan," tambah Aulia.

Kejadian tenggelam kedua remaja itu diduga terjadi di bagian terdalam kolam renang di kompleks Lambung Mangkurat Regency, Kelurahan Palam, Kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru.

Menurut saksi mata, Ahmad Umar (17), dia mencoba memberikan pertolongan kepada Abdillah sebelum tenggelam. Abdillah terlihat ingin berenang bersama Hasan ke bagian paling dalam kolam.

"Sebelum kejadian, Hasan bertanya kepada Abdillah tentang kedalaman kolam. Abdillah menjawab bahwa tidak dalam. Beberapa saat kemudian, Abdillah terpeleset ke kolam dan Hasan mencoba menyelamatkannya tetapi akhirnya ikut tenggelam," kata Umar.

Dari informasi yang didapat, kedua remaja itu adalah Hasan dan Abdillah, keduanya berasal dari Cempaka. Kejadian terjadi sekitar pukul 09.30 WITA.

Menurut Ahmad (16), salah satu saksi mata, kedua remaja itu datang dengan sepeda motor Honda Beat. Mereka berencana untuk mandi di kolam tersebut, tetapi salah satunya terpeleset dan tenggelam terlebih dahulu.

"Warga setempat mencoba menyelamatkan mereka tetapi tidak berhasil," kata Ahmad.

Tim Inafis Polres Banjarbaru melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) di kolam renang umum Kompleks Lambung Mangkurat Regency. Mereka memastikan bahwa kedua remaja tersebut meninggal karena kehabisan oksigen saat tenggelam.

"Kedua korban diduga meninggal karena kehabisan oksigen saat tenggelam di dasar kolam. Mereka ditemukan setelah tenggelam selama sekitar 5 hingga 10 menit," kata Kaur Inafis Bripka Aulia Rahman.

Kolam renang umum di kompleks Lambung Mangkurat Regency terlihat sepi setelah insiden tersebut. Meskipun biasanya menjadi tempat favorit anak-anak di sekitar Banjarbaru untuk berenang karena gratis dan tidak ada batasan waktu.