Helo Indonesia

Dosen Ilkom USM Beri Pelatihan Public Speaking untuk Pokdarwis

Kamis, 6 Juni 2024 14:09
    Bagikan  
Dosen Ilkom USM Beri Pelatihan Public Speaking untuk Pokdarwis

POKDARWIS: Dosen-dosen Ilkom USM dan peserta pelatihan public speaking. Foto: Dok

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM -Dosen Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Semarang (Ilkom USM) memberikan pelatihan public speaking untuk warga Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di Desa Wisata Kampoeng Duren, Kelurahan Mangunharjo, Kota Semarang, Rabu (5/6/2024), untuk mendukung pariwisata Kota Semarang.

Pelatihan tersebut merupakan bagian dari Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) oleh dosen Jurusan Ilmu Komunikasi USM (Ilkom USM), sebagai wujud implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi. Tim pengabdi terdiri atas Hilda Rahmah MA, Citra Safira MIKom, Ayang Fitrianti MIKom, serta mahasiswa Lissafi Qulbi dan Aliffina Khowash.

Hilda mengatakan, pendekatan praktis ini bertujuan untuk memastikan anggota Pokdarwis mampu mengaplikasikan teknik public speaking yang efektif dalam situasi nyata. ''Pelatihan ini bertujuan meningkatkan kemampuan berkomunikasi warga Pokdarwis sebagai calon pengelola desa wisata,'' jelasnya.

Dia berharap, pelatihan tersebut dapat meningkatkan kualitas komunikasi anggota Pokdarwis, sehingga mampu mengelola dan mempromosikan Desa Wisata Kampoeng Duren dengan lebih baik.

Praktik

''Selama pelatihan, peserta tidak hanya menerima bimbingan teoritis, tetapi juga melakukan praktik public speaking langsung kepada wisatawan Praktik bertujuan untuk melihat sejauh mana peserta mampu menelaah dan mengerti apa yang dipelajari,'' ujarnya.

Sementara itu, Ketua Pokdarwis, Pramujiarto SE MMPar mengatakan, pelatihan ini sangat membantu meningkatkan kemampuan berbicara dan kreativitas dalam berkomunikasi dengan wisatawan.

''Pelatihan public speaking ini sangat penting dalam komunikasi pariwisata untuk membantu anggota Pokdarwis menyosialisasikan potensi wisata di Desa Mangunharjo,'' ungkapnya. (ADE)