Helo Indonesia

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi Resmikan Pasar UMKM 

Rabu, 5 Juni 2024 13:41
    Bagikan  
Gubernur Lampung Arinal Djunaidi Resmikan Pasar UMKM 

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi bersama Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM  -- Gubernur Lampung Arinal Djunaidi bersama Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Republik Indonesia yang diwakili oleh Asisten Deputi Teknologi dan Informasi, Rainoc, dan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Lampung Riana Sari Arinal Meresmikan pembangunan Pasar UMKM Provinsi Lampung, di Pusat Kegiatan Olah Raga Way Halim, Bandar Lampung, Selasa (04/06/2024).

Gubernur Arinal mengatakan bahwa Pelaku ekonomi berskala kecil dan menengah adalah pelaku ekonomi yang penting baik bagi perekonomian Lampung maupun nasional.

undefined"UMKM sangat berperan dalam penyerapan tenaga kerja maupun bagi pertumbuhan ekonomi," ucap Gubernur.


Dalam perkembangan beberapa tahun terakhir ini menurut Gubernur, kualitas produk-produk UMKM Lampung telah mengalami perkembangan yang cukup pesat dan menggembirakan. Produk wastra Lampung juga semakin dikenal dan digemari baik nasional dan global, ditandai dengan semakin  seringnya produk tapis dan produk wastra Lampung, dijadikan inspirasi bagi fashion dibeberapa event nasional maupun internasional.

Demikian juga dengan produk-produk kuliner tumbuh cukup signifikan, dan Lampung sebagai Provinsi yang memiliki potensi bahan baku komoditi pertanian dalam arti luas, menjadi faktor pendorong pengembangan produk kuliner UMKM Lampung, untuk mampu bersaing dengan produk-produk sejenis dari daerah lain.

"Sejalan dengan hal ini, untuk menumbuhkan pusat hilirisasi dari produk UMKM sekaligus untuk   memperluas akses pemasaran dan penjualannya, saya menginisiasi pembangunan Pasar UMKM yang Insya Allah peresmiannya akan kita laksanakan pada hari ini," ucap Gubernur.

"Saya berharap Pasar UMKM ini nantinya akan menjadi etalase bagi produk-produk UMKM unggulan dari 15 Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung, sebagai tempat promosi dan penjualan sekaligus sebagai pusat pengembangan inovasi bagi pelaku UMKM di Provinsi Lampung," lanjutnya.

Selain itu, Gubernur juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Menteri BUMN Republik Indonesia, jajaran 14 BUMN, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung